EFISIENSI PEMAKAIAN SISTEM CHARGER PADA SEPEDA HYBRID UNTUK PENGHEMATAN BAHAN BAKAR

Illahi, Wahyu (2023) EFISIENSI PEMAKAIAN SISTEM CHARGER PADA SEPEDA HYBRID UNTUK PENGHEMATAN BAHAN BAKAR. Skripsi thesis, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya.

[thumbnail of 1. HALAMAN DEPAN.pdf] Text
1. HALAMAN DEPAN.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of 2. ABSTRAK.pdf] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (89kB)
[thumbnail of 3. BAB I.pdf] Text
3. BAB I.pdf

Download (138kB)
[thumbnail of 4. LAMPIRAN.pdf] Text
4. LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of 5. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
5. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (193kB)

Abstract

Banyaknya kendaraan listrik yang dikembangkan di indonesia sehingga kendaraan
telah dirubah menggunakan energi listrik sebagai sistem bahan bakar untuk penggerak
kendaraan tersebut, sehingga keterbatasan cadangan bahan bakar minyak dapat di
minimalisir, semakin tinggi harga minyak akan sangat berpengaruh pada sosial dan
ekonomi dengan signifikan. Dikarenakan banyaknya kendaraan bahan bakar minyak dapat
menciptakan lingkungan berpolusi udara sehingga mengganggu kehidupan masyarakat
dalam beraktifitas sehingga dalam penerapannya efisiensi tidak membutuhkan waktu lama
dalam pengisian dan konsumsi bahan bakar yang dibutuhkan dapat diminimalisir.
Penelitian ini bertujuan untuk melakukan pengembangan terhadap sepeda listrik dengan
menambahkan sistem hybrid pada charger. Dalam penelitian ini menggunakan metode
kuantitatif. Hasil dari penelitian yang dilakukan bahwa dalam pengisian bekerja dengan
optimal dengan dengan daya yang dihasilkan dari mesin sebesar 0,54300 Kw dengan rata
- rata konsumsi bahan bakar sebesar 0,5659 kg/jam terjadi pada rpm 2500 dengan efisiensi
konsumsi bahan bakar sebesar 8 % tapi kurang efisien. Pengaruh itu terjadi karena mesin
menyala terus menerus tanpa henti untuk menyuplai arus listrik. Berdasarkan pengujian
ANOVA one way bahwa perlakukan variasi rpm terhadap konsumsi bahan bakar tidak
memiliki pengaruh signifikan dengan sig. 0,241 sehingga nilai sig. lebih besar 0,05 maka
dapat dinyatakan Ho ditolak dan H1 diterima.

The number of electric vehicles developed in Indonesia so that vehicles have been
converted to use electrical energy as a fuel system for driving these vehicles, so that the
limitations of fuel oil reserves can be minimized, the higher the price of oil will greatly
affect social and economic significantly. Due to the large number of fuel oil vehicles can
create an air-polluted environment that disrupts people's lives in activities so that in its
application efficiency does not require a long time in charging and the required fuel
consumption can be minimized. This study aims to develop an electric bicycle by adding a
hybrid system to the charger. In this study using quantitative methods. The results of the
research conducted that charging works optimally with the power generated from the
engine of 0.54300 Kw with an average fuel consumption of 0.5659 kg / hour occurs at 2500
rpm with a fuel consumption efficiency of 8% but less efficient. The effect occurs because
the engine turns on continuously without stopping to supply electric current. Based on one
way ANOVA testing that the treatment of rpm variations on fuel consumption has no
significant effect with sig. 0.241 so that the sig. value is greater than 0.05 so it can be stated
that Ho is rejected and H1 is accepted.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Teknik Industri (TI)
Depositing User: Tn Endar Wahyu Oktoda
Date Deposited: 30 Aug 2023 06:24
Last Modified: 30 Aug 2023 06:24
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/5129

Actions (login required)

View Item
View Item