ANALISA PERFORMA TOP SPEED SEPEDA LISTRIK HYBRID DENGAN METODE EKSPERIMEN

Kusherlambang, Rama Maulana (2023) ANALISA PERFORMA TOP SPEED SEPEDA LISTRIK HYBRID DENGAN METODE EKSPERIMEN. Skripsi thesis, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya.

[thumbnail of 2. ABSTRAK.pdf] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (187kB)
[thumbnail of 3. BAB I.pdf] Text
3. BAB I.pdf

Download (390kB)
[thumbnail of 4. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
4. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (393kB)
[thumbnail of 5. LAMPIRAN.pdf] Text
5. LAMPIRAN.pdf

Download (781kB)
[thumbnail of 1. HALAMAN DEPAN (3).pdf] Text
1. HALAMAN DEPAN (3).pdf

Download (1MB)

Abstract

Analisa Perhitungan Performa Top Speed Pada Sepeda Listrik Hybrid Dengan
Menggunakan Metode Eksperimen. Pembimbing oleh Manik Ayu Titisari, S.T., M.T.
Teknologi semakin pesat, pada perkembangan jaman saat ini, alat transportasi
menjadi sangat penting untuk mobilitas kebutuhan manusia untuk melakukan
perjalanan jarak dekat maupun jauh. Untuk itu penulis melaukan pengkajian sepeda
motor hybrid sebagai bahan penelitian, sepeda motor hybrid dapat dijadikan solusi
alternatif dalam menekan konsusmsi bahan bakar dan juga mengurai emisi gas buang,
kendaraan hybrid memadukan dua macam pengge rak yaitu mesin dengan bahan
bakar minyak dan motor listrik. Kendaraan dapat menggunakan penggerak motor
listrik sehingga mesin berbahan bakar minyak bekerja dengan RPM yang cukup stabil.
Metode eksperimen adalah pendekatan ilmiah yang digunakan untuk
memperoleh pemahaman yang mendalam tentang suatu fenomena atau hipotesis
melalui pengamatan, manipulasi variabel, dan pengukuran yang sistematis.
Berdasarkan analisis yang diperoleh, setingan RPM yang lebih optimal sebagai
setingan tetap untuk sepeda listrik hybrid adalah setingan RPM 2500. Meskipun
kecepatan rata-ratanya sedikit lebih rendah dibandingkan setingan RPM 2000, tetapi
efisiensi energinya lebih baik dan jarak tempuhnya juga cukup baik. Namun, ini juga
dapat tergantung pada preferensi.

Technology is increasing rapidly, in today's development, means of
transportation are very important for the mobility of human needs to travel short or
long distances. For this reason, the authors conducted a study of hybrid motorbikes as
research material, hybrid motorbikes can be used as an alternative solution in
suppressing fuel consumption and also reducing exhaust emissions, hybrid vehicles
combine two types of drives, namely engines with fuel oil and electric motors. Vehicles
can use an electric motor drive so that the oil-fueled engine works with a fairly stable
RPM.
The experimental method is a scientific approach that is used to gain a deep
understanding of a phenomenon or hypothesis through observation, manipulation of
variables, and systematic measurement.
Based on the analysis obtained, the RPM setting that is more optimal as a fixed
setting for hybrid electric bicycles is the 2500 RPM setting. Although the average speed
is slightly lower than the 2000 RPM setting, the energy efficiency is better and the
mileage is also quite good. However, this can also come down to preference.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Teknik Industri (TI)
Depositing User: Tn Endar Wahyu Oktoda
Date Deposited: 30 Aug 2023 07:45
Last Modified: 30 Aug 2023 07:45
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/5360

Actions (login required)

View Item
View Item