PENGARUH PENGGUNAAN STRATEGI LATIHAN ASERTIF DALAM KONSELING KELOMPOK TERHADAP INTERAKSI SOSIAL SISWA KELAS VIII G SMP NEGERI 21 SURABAYA

Jelita, Makrina Fausti (2019) PENGARUH PENGGUNAAN STRATEGI LATIHAN ASERTIF DALAM KONSELING KELOMPOK TERHADAP INTERAKSI SOSIAL SISWA KELAS VIII G SMP NEGERI 21 SURABAYA. Skripsi thesis, Universitas PGRI ADI BUANA Surabaya.

[thumbnail of 1 HALAMAN DEPAN.pdf] Text
1 HALAMAN DEPAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (879kB)
[thumbnail of 2 ABSTRAK.pdf] Text
2 ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (266kB)
[thumbnail of 3 BAB I SKRIPSI.pdf] Text
3 BAB I SKRIPSI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (372kB)
[thumbnail of 8 DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN.pdf] Text
8 DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (1MB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Fausti Jelita, Makrina. 2019. Penggaruh penggunaan strategi latihan
asertif dalam konseling kelompok terhadap interaksi soial
siswa kelas VIII G DI SMPN 21 SURABAYA. Skripsi
program studi bimbingan dan konseling. Universitas PGRI
Adibuana Surabaya. Pembimbing Kusbandiami, S.Pd.,
M.Pd.
Kata kunci: latihan asertif, konseling kelompok, interaksi sosial.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya
pengaruh penggunaan startegi latihan asertif dalam konseling
kelompok terhadap interaksi sosial siswa kelas VIII G SMPN 21
SURABAYA.
Penelitian yang digunakan yaitu penelitian kuantitatif untuk
mengetahui pengaruh penggunaan startegi latihan asertif dalam
konseling kelompok terhadap interaksi. Untuk mengetahui
haltersebut maka digunakan analisis statistik non parametrik dengan
teknik uji wilcoxon dengan bantuan program SPSS for Windows
versi 23.0 jumlah populasi penelitian ini adalah 34 siswa dengan
sampel penelitian berjumlah 5 orang siswa.
Hasil perhitungan analisis Wilcoxon Signed statistics Test yaitu
hasil 0,042 α = 0,05 hal ini berarti yang artinya
signifikansi karena negatif ranks merupakan selisih nilai dimana
jumlah sampel post test lebih tinggi dari pada nilai pre-test.
Berdasarkan bukti empiris tersebut maka diterima dan
ditolak. Dengan demikian terdapat peningkatan yang signifikan
terhadap penggunaan strategi latihan asertif dalam konseling
kelompok terhadap interaksi sosial siswa kelas VIII G SMPN 21
Surabaya. Dari hasil analisis diatas dapat diketahui bahwa strategi
latihan asertif dalam konseling kelompok dapat meningkatakan
interaksi sosial siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
H Social Sciences > HM Sociology
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pedagogi dan Psikologi (FPP) > Bimbingan Dan Konseling (BK)
Depositing User: Kadek Ayu PERPUS
Date Deposited: 17 Oct 2022 03:54
Last Modified: 24 Nov 2022 07:47
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/1017

Actions (login required)

View Item
View Item