Penggunaan Teknik Self Management Dalam Konseling Kelompok Terhadap Kedisiplinan Belajar Siswa Kelas IX SMP Negeri 24 Surabaya

Achmadi, Adam (2021) Penggunaan Teknik Self Management Dalam Konseling Kelompok Terhadap Kedisiplinan Belajar Siswa Kelas IX SMP Negeri 24 Surabaya. Skripsi thesis, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya.

[thumbnail of 1 HALAMAN DEPAN A5 FIX.pdf] Text
1 HALAMAN DEPAN A5 FIX.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (365kB)
[thumbnail of 2 ABSTRAK A5 FIX.pdf] Text
2 ABSTRAK A5 FIX.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (9kB)
[thumbnail of 3 BAB I A5 FIX.pdf] Text
3 BAB I A5 FIX.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (183kB)
[thumbnail of 8 DAFTAR PUSTAKA & LAMPIRAN A5 FIX.pdf] Text
8 DAFTAR PUSTAKA & LAMPIRAN A5 FIX.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (1MB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh tingkat kedisiplinan belajar pada siswa kelas IX yang masih tergolong rendah di masa pandemi covid-19. Rendahnya tingkat kedisiplinan belajar siswa disebabkan karena faktor internal seperti kognitif, motivasi, dan minat belajar siswa, serta faktor eksternal yakni lingkungan, keluarga dan sosial. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan layanan konseling kelompok dengan teknik self management terhadap kedisiplinan belajar siswa kelas IX SMP Negeri 24 Surabaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Populasi penelitian ini ialah siswa kelas IX A SMP Negeri 24 Surabaya terdiri atas 40 orang dan sampel penelitian berjumlah 10 orang dari hasil pengkategorian kelas sangat rendah dan rendah. Kategori kelas dibedakan berdasarkan nilai sangat rendah sebesar 15%, nilai kategori rendah sebesar 10%, nilai kategori sedang sebesar 25%, kategori nilai tinggi sebesar 43%, dan kategori nilai sangat tinggi sebesar 7,50%. Metode pengumpulan data menggunakan observasi dan kuisioner, kuisioner penelitian disebarkan melalui googleform. Teknik analisis data dengan menggunakan statistik deskriptif dengan uji wilcoxon pada SPSS versi 26.0. Hasil penelitian ini menunjukkan peningkatan kedisiplinan belajar dari hasil Asymp.Sig SPSS sebesar 0,005 yang kurang dari taraf signifikan (0,05) dapat diartikan bahwa hipotesis penelitian ini diterima, diartikan bahwa adanya peningkatan kedisiplinan belajar siswa pada penelitian ini.
Kata Kunci: Teknik Self Management, Konseling Kelompok, Kedisiplinan Belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HM Sociology
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Pedagogi dan Psikologi (FPP) > Bimbingan Dan Konseling (BK)
Depositing User: Endah Yuni PERPUS
Date Deposited: 17 Oct 2022 05:03
Last Modified: 09 Dec 2022 08:29
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/1026

Actions (login required)

View Item
View Item