Analisis Kesalahan Siswa SMP Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Berdasarkan Teori Newman

Andriani, Mira Novita (2021) Analisis Kesalahan Siswa SMP Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Berdasarkan Teori Newman. Skripsi thesis, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya.

[thumbnail of 1. HALAMAN DEPAN.pdf] Text
1. HALAMAN DEPAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (275kB)
[thumbnail of 2. ABSTRAK.pdf] Text
2. ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (92kB)
[thumbnail of 3. BAB I.pdf] Text
3. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (184kB)
[thumbnail of 8. DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN.pdf] Text
8. DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (2MB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis kesalahan siswa dan faktor penyebab kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) berdasarkan teori Newman. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Pengumpulan data dilakukan menggunakan tes tertulis sebanyak 2 tahap dan wawancara. Penelitian ini melibatkan siswa kelas VIII-I SMPN 3 Waru Sidoarjo yang berjumlah 22 siswa. Subjek penelitian diambil 3 siswa dengan kriteria siswa dengan kesalahan terbanyak pada tes tahap 1 dan pada setiap nomor soalnya, subjek penelitian kemudian diberikan tes tahap 2. Setiap subjek penelitian diwawancarai terkait hasil pekerjaannya pada tes tahap 1 dan tes tahap 2. Setiap 1 soal diambil 1 subjek penelitian yang berbeda untuk kemudian dianalisis hasil tes tahap 1 dan 2 serta hasil wawancara. Uji keabsahan data dilakukan dengan triangulasi waktu. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa adanya kesalahan yang dilakukan oleh subjek penelitian. Kesalahan yang dilakukan subjek penelitian adalah kesalahan pada semua tahapan indikator Newman. Dimana subjek penelitian RPHSP (S14) dan subjek penelitian MSPR (S9) mewakili siswa yang melakukan kesalahan pada 5 tahap kesalahan. Subjek penelitian IMA (S4) mewakili siswa yang melakukan kesalahan pada 4 tahap kesalahan. Faktor penyebab kesalahan subjek penelitian diantaranya yakni : (1) lupa dan terburu-buru dalam membaca dan menuliskan informasi soal, (2) tidak teliti dalam proses perhitungan, (3) kurang memahami konsep model matematika dan penggunaan metode SPLDV.
Kata kunci : Analisis Kesalahan, Soal Cerita Matematika, Sistem Persamaan Linear Dua Variabel, Teori Newman

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi (FST) > Pendidikan Matematika
Depositing User: Endah Yuni PERPUS
Date Deposited: 17 Oct 2022 07:02
Last Modified: 14 Dec 2022 06:56
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/1043

Actions (login required)

View Item
View Item