PENGARUH PERMAINAN BONEKA TANGAN TERHADAP KEMAMPUAN BAHASA ANAK KELOMPOK B TK AGRIPINA SURABAYA

Audina, Cindy Anggita (2020) PENGARUH PERMAINAN BONEKA TANGAN TERHADAP KEMAMPUAN BAHASA ANAK KELOMPOK B TK AGRIPINA SURABAYA. Skripsi thesis, Universitas PGRI Adibuana Surabaya.

[thumbnail of 1. Halaman Depan.pdf] Text
1. Halaman Depan.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (639kB)
[thumbnail of 2. Abstrak.pdf] Text
2. Abstrak.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (157kB)
[thumbnail of 3. BAB I.pdf] Text
3. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (164kB)
[thumbnail of 8. Daftar pustaka dan lampiran.pdf] Text
8. Daftar pustaka dan lampiran.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (1MB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Audina, Cindy Anggita. 2019. Pengaruh Permainan Boneka
Tangan Terhadap Kemampuan Bahasa Anak
Kelompok B TK Agripina Surabaya. Skripsi
Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini. Fakultas
Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas PGRI
Adi Buana Surabaya. Pembimbing: Drs. A.
Fachrurrazi. M.Pd
Kata Kunci: Permainan Boneka Tangan, Kemampuan Bahasa
Media boneka tangan adalah boneka tangan yang
dijadikan media atau alat bantu yang digunakan dalam
kegiatan pembelajaran jenis boneka yang digunakan adalah
boneka tangan yang terbuat dari potongan kain. Media boneka
tangan menjadi salah satu media yang dapat menaik perhatian
anak.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh
permainan boneka tangan terhadap kemampuan bahasa anak
Kelompk B TK Agripina Surabaya. Metode yang digunakan
dalam penelitian ini adalah metode penelitian Kuantitatif
dengan menggunakan rancangan One Grup pretest-postest.
Sampel yang digunakan dalam penelitian ini ada 20 anak
Kelompok B TK Agripina Surabaya. Data dikumpulkan dari
hasil observasi tes kinerja, dengan instrument lembar
observasi kinerja. Teknik analisis data menggunakan rumus
uji t.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa t hitung
diperoleh nilai 25,00 lebih besar dari t tabel 1.72913 pada
taraf signifikansi 0,05 atau 2.53948 pada signifikansi 0,01,
maka Hipotesis Nol ditolak sehingga Hipotesis Kerja
diterima. Hal ini terbukti Hipotesis Kerja terbukti sangat
signifikansi. Dengan demikian dapat dinyatakan bahwa
“Permainan boneka tangan berpengaruh sangat signifikansi
terhadap kemampuan bahasa peserta didik Kelompok B TK
Agripina Surabaya”

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LA History of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Pedagogi dan Psikologi (FPP) > Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD)
Depositing User: Admin Perpus ADI BUANA
Date Deposited: 04 Aug 2022 01:40
Last Modified: 14 Nov 2022 08:21
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/136

Actions (login required)

View Item
View Item