Zahrizal, Abdul Aziz (2021) Profil Kemampuan Number Sense Siswa Kelas Xi Ma Darul Ulum Waru Dalam Pemecahan Masalah Matematika. Skripsi thesis, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya.
1. Halaman Depan.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (421kB)
2. ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (86kB)
3. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (119kB)
8. DAFTAR PUSTAKA dan Lampiran.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (3MB)
Abstract
Kemampuan siswa dalam menyelesaikan permasalahandalamoperasi hitung bilangan masih menggunakan cara-cara proseduralyang sebagian besar diajarkan oleh guru. Hal itu dapat membuatsiswa terpacu bahwa hanya terdapat satu cara dalammenyelesaikanpermasalahan tersebut. Siswa diharapkan untuk menguatkankonsepbilangan sedari dasar karena yang kita ketahui bahwa bilangandilibatkan dalam setiap konsep matematika tingkat pendidikanjenjang dasar sampai tinggi. Untuk itu siswa diharapkanmemilikisuatu kemampuan kepekaan terhadap bilangan (number sense). Tujuan umum dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikanprofil kemampuan number sense siswa dalampemecahanmasalahmatematika tingkat tinggi, sedang, dan rendah materi matriks. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah enamorang siswayangdiantaranya masing-masing mewakili tingkatan kemampuanmatematika yang berbeda meliputi tinggi, sedang, dan rendah. Untukteknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan wawancara. Kemudian teknik analisis data yang digunakan adalah analisishasiltes pemecahan masalah matematika materi matriks danhasilwawancara, reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwasiswakemampuan tinggi memenuhi keempat komponen number senseyaitu menilai besaran bilangan, komputasi mental, estimasi, danmenilai kerasionalan hasil perhitungan. Siswa kemampuansedanghanya memenuhi satu satu komponen number sense yaituestimasi. vi Adapun siswa kemampuan rendah belummemenuhi keempatkomponen number sense yaitu menilai besaran bilangan, komputasimental, estimasi, dan menilai kerasionalan hasil perhitungan.
Kata Kunci : Number Sense, Kemampuan Matematika, Matriks.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > L Education (General) Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Sains dan Teknologi (FST) > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Endah Yuni PERPUS |
Date Deposited: | 31 Oct 2022 05:11 |
Last Modified: | 14 Dec 2022 07:45 |
URI: | https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/1369 |