Pengaruh Pendekatan Realistic Mathematic Education Berbasis E-Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika

Soraya, Findy (2021) Pengaruh Pendekatan Realistic Mathematic Education Berbasis E-Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika. Skripsi thesis, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya.

[thumbnail of 1. Halaman Depan.pdf] Text
1. Halaman Depan.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (596kB)
[thumbnail of 2. ABSTRAK.pdf] Text
2. ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (1MB)
[thumbnail of 3. BAB I.pdf] Text
3. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (1MB)
[thumbnail of 8. DAFTAR PUSTAKA dan lampiran.pdf] Text
8. DAFTAR PUSTAKA dan lampiran.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (4MB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Kata kunci : Realistic Mathematic Education, e-learning, Hasil Belajar Matematika Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya kemampuan peserta didik dalam menyelesaikan soal berbentuk cerita yang berkaitan dengan masalah sehari-hari. Salah satu cara untuk mengatasi permasalahan ini adalah dengan menggunakan pendekatan Realistic Mathematic Education. Penelitian ini dilaksanakan secara e-learning dikarenakan dilaksanakan pada masa pendemi covid-19. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh pendekatan Realistic Mathematic Education berbasis elearning terhadap hasil belajar matematika. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan metode penelitian eksperimen, yang dilaksanakan di SMA Negeri 1 Menganti pada tahun ajaran 2020/2021. Pemilihan sampel dilakukan dengan purposive sampling. Sampel pada penelitian ini kelas X IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X IPA 2 sebagai kelas kontrol. Instrument penelitian yang digunakan adalah instrument tes hasil belajar berupa Posttes Only sebanyak 4 soal uraian dengan materi Sistem Pertidaksamaan Linear Dua Variabel. Uji analisis data pada penelitian ini menggunakan uji-t. Berdasarkan analisis data menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar matematika kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol dan hasil analisis data yang diperoleh t hitung > t table yaitu 5,50 > 1,99 Sehingga Ho ditolak yang berarti terdapat pengaruh pendekatan Realistic Mathemathic Education berbasis e-learning terhadap hasil belajar matematika

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi (FST) > Pendidikan Matematika
Depositing User: Endah Yuni PERPUS
Date Deposited: 04 Nov 2022 03:35
Last Modified: 19 Dec 2022 04:19
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/1399

Actions (login required)

View Item
View Item