Nahdah, Alvis Salma (2021) Efektivitas Model Pembelajaran Survey, Question, Read, Recite, Review (SQ3R) Berbantu Ekosistem Google Pada Mata Pelajaran Matematika. Skripsi thesis, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya.
1. HALAMAN DEPAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (541kB)
2. ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (112kB)
3. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (134kB)
8. DAFTAR PUSTAKA dan Lampiran.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (2MB)
Abstract
Di masa pandemi covid-19, pembatasan pertemuan tatap muka secara langsung mendapat larangan dari pemerintah. Pemerintah memberi arahan pada seluruh sekolah untuk melakukan pembelajaran jarak jauh, dengan harapan siswa tetap dapat belajar dari rumah. Agar proses pembelajaran menjadi efektif, peneliti menggunakan model pembelajaran Survey, Question, Read, Recite, Review (SQ3R) berbantu ekosistem google pada mata pelajaran matematika. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran SQ3R berbantu ekosistem google pada mata pelajaran matematika yang ditinjau dari aktivitas siswa selama proses pembelajaran, respon siswa setelah pembelajaran dan hasil belajar siswa yang tuntas secara klasikal. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Metode penelitian yang diguanakan adalah pre eksperimental dengan desain one-shot case study. Populasi yang digunakan adalah siswa kelas XI SMA Dr. Soetomo Surabaya, dengan pengambilan sampel yang terpilih secara acak yaitu siswa kelas XI MIPA 4. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Survey, Question, Read, Recite, Review (SQ3R) berbantu ekosistem google pada mata pelajaran matematika materu barisan dan deret geometri kelas XI MIPA 4 SMA Dr. Soetomo Surabaya dikatakan efektif karena mencapai kategori efektivitas pembelajaran yaitu: 1) Aktivitas siswa selama proses pembelajaran termasuk dalam kategori aktif sekali dengan presentase 90%; 2) Respon siswa termasuk dalam kategori positif dengan presentase 77,75%; 3) Hasil belajar siswa yang tuntas secara klasikal dengan presentase sebesar 84,21%.
Kata kunci: Efektivitas, Model Pembelajaran SQ3R, Ekosistem Google, Pembelajaran Matematika
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > QA Mathematics Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software |
Divisions: | Fakultas Sains dan Teknologi (FST) > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Endah Yuni PERPUS |
Date Deposited: | 04 Nov 2022 07:06 |
Last Modified: | 19 Dec 2022 04:58 |
URI: | https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/1406 |