PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA SMA

Lestari, Vina (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA SMA. Skripsi thesis, Universitas PGRI ADI BUANA Surabaya.

[thumbnail of 1. HALAMAN DEPAN.pdf] Text
1. HALAMAN DEPAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (443kB)
[thumbnail of 2. ABSTRAK.pdf] Text
2. ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (37kB)
[thumbnail of 3. BAB I.pdf] Text
3. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (103kB)
[thumbnail of 8. DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN - LAMPIRAN.pdf] Text
8. DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN - LAMPIRAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (792kB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Kata Kunci : Pembelajaran matematika, model Discovery Learning dan Kemampuan Representasi
Matematis.
Penelitian ini menggunakan salah satu model pembelajaran Discovery Learning yaitu model
pembelajaran yang mengembangkan cara belajar aktif dengan menemukan sendiri, menyelidiki
sendiri maka hasil yang diperoleh akan setia dan tahan lama dalam ingatan. Model pembelajaran
Discovery Learning ini digunakan agar siswa lebih mudah menerima suatu materi dan menjadikan
siswa menajdi lebih inovatif. Tujuan penelitani ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan
hasil belajar menggunakan model pembelajaran Discovery leraning dan hasil belajar dengan
menggunakan model Direct Instruction pada siswa kelas X SMA ITP Surabaya.
Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMA ITP Surabaya. Sampel pada penelitian ini
adalah kelas X-MIA 1 sebagai kelas kontrol dan kelas X-MIA 2 sebagai kelas eksperimen dengan
jumlah masing-masing 34 siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Teknik pengumpulan
data dalam penelitian ini menggunakan metode (post test). Metode tes ini digunakan untuk
mengumpulkan data tentang hasil belajar matematika siswa (post test) setelah diberi perlakuan dan
menacari perbedaan hasil belajar matematika siswa. Data yang sudah terkumpul dianalisis dengan
menggunakan analisa data kuantitatif uji-t.
Berdasarkan penelitian yang dilakukan di kelas X SMA ITP Surabaya dari hasil analiss
perhitungan data dan uji hipotesis dengan uji-t, diperoleh perhitungan bahwa thitung = 6,37 dan ttabel =
1,99 berada di daerah penolakan H0, karena thitung > ttabel (6,37 > 1,99). Maka Ho ditolak, sehingga H1
diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan hasil belajar matematika antara
siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran Discovery Learning dengan siswa yang diajar
dengan menggunakan model pembelajaran Direct Instruction pada materi logaritma kelas X SMA
ITP Surabaya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi (FST) > Pendidikan Matematika
Depositing User: Kadek Ayu PERPUS
Date Deposited: 07 Nov 2022 07:14
Last Modified: 28 Nov 2022 02:30
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/1433

Actions (login required)

View Item
View Item