IRAWANTI, AYU DESI (2019) ANALISIS KESALAHAN DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN LANGKAH POLYA SISWA KELAS VII SMPN 1 SEDATI. Skripsi thesis, Universitas PGRI ADI BUANA Surabaya.
HALAMAN DEPAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (564kB)
ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (33kB)
BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (162kB)
DAFTAR PUSTAKA dan LAMPIRAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (1MB)
Abstract
Kata Kunci: Kesalahan, soal cerita, himpunan.
Dalam proses pembelajaran matematika tidak selalu
berlangsung lancar dan berhasil, mengingat kemampuan anak yang
berbeda-beda mengakibatkan keberhasilan anak dalam pembelajaran
juga berbeda-beda. Peneliti banyak menjumpai siswa kesulitan dalam
memecahkan soal cerita khususnya pada materi himpunan. Oleh
karena itu, peneliti melakukan penelitian dengan menganalisis
kesalahan siswa. Analisis kesalahan dalam penelitian ini berdasarkan
teori Polya. Sehingga tujuan penelitian ini adalah untuk
mendeskripsikan kesalahan siswa dalam menyelesaiakan soal cerita
materi himpunan berdasarkan teori Polya.
Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif kualitatif.
Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes tulis dan
wawancara. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII-2 SMPN 1
Sedati yang berjumlah 32 siswa, yang akan diberikan 3 soal tes tulis
soal cerita. Dari hasil tes tulis tersebut peneliti mengambil 3 siswa
yang melakukan kesalahan terbanyak di masing-masing nomer soal,
yang kemudian akan diadakan wawancara.
Setelah dilakukan analisis, diperoleh hasil penelitian bahwa
kesalahan yang dilakukan siswa adalah kesalahan konsep yaitu
meliputi salah dalam menerapkan rumus dalam menyelesaikan soal,
tidak merumuskan suatu konsep matematika dengan bahasa atau
simbol yang benar. Selain kesalahan konsep, siswa juga melakukan
kesalahan prosedural. Kesalahan prosedural meliputi tidak
menerapkan langkah penyelesaian seperti diketahui, ditanya,
vi
penyelesaian soal, dan penarikan kesimpulan jawaban, salah dalam
operasi hitung penyelesaian soal. langkah penyelesaian tidak sesuai
pada menyusun rencana penyelesaian soal atau penyusunan rumus
tidak lengkap.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GA Mathematical geography. Cartography |
Divisions: | Fakultas Sains dan Teknologi (FST) > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Kadek Ayu PERPUS |
Date Deposited: | 07 Nov 2022 07:29 |
Last Modified: | 22 Nov 2022 04:05 |
URI: | https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/1435 |