PENGARUH MEDIA BONEKA TANGAN TERHADAP KEMAMPUAN BERCERITA ANAK USIA 3-4 TAHUN KELOMPOK B TK BAROKAH INDAH KABUPATEN SUMENEP KECAMATAN ARJASA KANGEAN

Nurhikmah (2022) PENGARUH MEDIA BONEKA TANGAN TERHADAP KEMAMPUAN BERCERITA ANAK USIA 3-4 TAHUN KELOMPOK B TK BAROKAH INDAH KABUPATEN SUMENEP KECAMATAN ARJASA KANGEAN. Skripsi thesis, UNIVERSITAS PGRI ADIBUANA SURABAYA.

[thumbnail of 1. Halaman Depan.pdf] Text
1. Halaman Depan.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (938kB)
[thumbnail of 2. ABSTRAK.pdf] Text
2. ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (132kB)
[thumbnail of 3. BAB I.pdf] Text
3. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (155kB)
[thumbnail of 8. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (15kB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Nurhikmah, 2022, pengaruh media boneka tangan terhadap
kemampuan bercerita anak usia 3-4 tahun di TK Barokah
Indah kecamatan Arjasa Kangean Sumenep pendidikan
anak usia dini, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
Pembimbing Aisyah, S.Psi., M.Pd
Kata Kunci : Media Boneka Tangan, Kemampuan Bercerita,
Anak usia dini.
Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan bahwa
kemampuan keterampilan bercerita belum sesuai dengan tingkat
pencapaian perkembangan anak, saat diminta untuk menceritakan
pengalaman atau kejadian di depan kelas banyak anak yang tidak
mampu menceritakan pengalaman secara urut dan runtut. Oleh
karena itu peneliti membuat media yang lebih inovativ yakni
Media Boneka Tangan Terhadap Kemampuan Bercerita anak,
karena media boneka tangan memberikan dampak postitit terhadap
kemampuan bahasa anak.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui
pengaruh media boneka tangan terhadap kemampuan bercerita
anak usia 3-4 tahun kelompok B di TK Barokah Indah Kabupaten
Sumenep Kecamatan Arjasa Kangean
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan
menggunakan rancangan observasi Pretets-Postes, sampel yang
digunakan dalam penelitian ini 25 anak kelompok B TK Baroka
Indah Kecamatan Arjasa Kangean Sumenep. Teknik analisis data
menggunakan rumus uji t.
Berdasarkan hasil perhitungan analisis “uji-t” yaitu (2-tailed) sebesar <,001 nilai alpha 0,050, yang berarti terdapat
penerim aan pada (ha) dan penolakan (ho). Dari hasil prettes dan
posttest yang diperoleh dengan nilai rata-rata 9,2000 dan hasil
posttest yang diperoleh kelas TK B dengan nilai rata-rata 15,3200.
Maka pengambilan keputusan diatas dapat disimpulkan bahwa ada
Pengaruh Media Boneka Tangan Terhadap Kemampuan Bercerita
Anak Usia 3-4 Tahun Kelompok B TK Barokah Indah Kabupaten
Sumenep Kecamatan Arjasa Kangean.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LA History of education
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Pedagogi dan Psikologi (FPP) > Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD)
Depositing User: Ilham Komarudin PERPUS
Date Deposited: 16 Nov 2022 07:04
Last Modified: 16 Nov 2022 07:06
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/1496

Actions (login required)

View Item
View Item