PENGEMBANGAN MEDIA PERMAINAN LUBIKON (LUDO BK) DALAM BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL SISWA SMP

Nabila, Egalita Wahyu ‘Ulaa (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PERMAINAN LUBIKON (LUDO BK) DALAM BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL SISWA SMP. Skripsi thesis, UNIVERSITAS PGRI ADIBUANA SURABAYA.

[thumbnail of 1. HALAMAN DEPAN.pdf] Text
1. HALAMAN DEPAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (660kB)
[thumbnail of 2. ABSTRAK.pdf] Text
2. ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (74kB)
[thumbnail of 3. BAB I.pdf] Text
3. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (213kB)
[thumbnail of 8. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (87kB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Nabila, Egalita W. U. 2022. Pengembangan Media Permainan
Lubikon (Ludo BK) Dalam Bimbingan Kelompok Untuk
Meningkatkan Keterampilan Komunikasi Interpersonal.
Program Studi Bimbingan dan Konseling. Fakultas Pedagogi
dan Psikologi, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya. Dosen
Pembimbing: Dr. Muwakhidah, S.Pd., M.Pd.
Kata Kunci: Media Permainan, Lubikon, Bimbingan Kelompok,
Keterampilan Komunikasi Interpersonal
Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan fenomena yang ada di
SMP Negeri 2 Sukodono yang menunjukkan tingkat keterampilan
komunikasi interpersonal yang rendah. Penelitian ini bertujuan untuk
menghasilkan panduan permainan ludo yang memenuhi kriteria
akseptabilitas serta menghasilkan panduan permainan ludo yang
efektif untuk meningkatkan keterampilan komunikasi interpersonal
siswa SMP. Penelitian ini memiliki spesifikasi produk yang
diharapkan yakni produk yang dihasilkan dalam penelitian dan
pengembangan diharapkan mampu menghasilkan produk yang layak
dan berkualitas untuk digunakan sebagai media dalam bimbingan dan
konseling.
Penelitian ini menggunakan model penelitian dan
pengembangan (Research and Development) prosedur Borg and Gall.
Prosedur yang digunakan yakni tiga langkah, studi pendahuluan,
perencanaan dan pengembangan produk media, dan tahap uji produk.
Langkah pada uji produk yakni uji ahli, uji calon pengguna dan uji
kelompok terbatas. Pengumpulan data yang digunakan pada penelitian
ini yakni angket akseptabilitas sebagai penilaian produk media dan
angket keterampilan komunikasi interpersonal sebagai penilaian
siswa. Teknik analisis data yang digunakan yakni Inter-rater
Agreement Model sebagai data kuantitatif, saran, masukan dan
kritikan sebagai data deskriptif pada uji ahli dan uji calon pengguna.
Hasil penelitian menunjukkan media permainan Lubikon
(Ludo BK) telah memenuhi kriteria kegunaan, kelayakan, ketepatan
melalui uji ahli dan uji calon pengguna. Penelitian ini hanya berhenti
pada uji calon pengguna, tidak berlanjut pada uji kelompok terbatas.Media permainan Lubikon memiliki nilai rata-rata 1 pada uji ahli
media dan ahli isi artinya media permainan Lubikon dinilai sangat
baik akseptabilitasnya dan berterima secara teoritik. Hasil uji calon
pengguna pada 40 responden atau siswa SMP yakni pada kategori
tinggi nilai 95% pada 38 responden, dan kategori sedang 5% pada 2
responden. Hal ini menunjukkan bahwa “Media Permainan Lubikon
(Ludo BK) Dikatakan Berterima Dalam Meningkatkan Keterampilan
Komunikasi Interpersonal Siswa SMP”.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Pedagogi dan Psikologi (FPP) > Bimbingan Dan Konseling (BK)
Depositing User: Ilham Komarudin PERPUS
Date Deposited: 18 Nov 2022 08:55
Last Modified: 18 Nov 2022 08:55
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/1537

Actions (login required)

View Item
View Item