KEEFEKTIFAN LAYANAN KONSELING KELOMPOK REALITA UNTUK MENINGKATKAN RESILIENSI DIRI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 48 SURABAYA

Prastika, Yulia (2022) KEEFEKTIFAN LAYANAN KONSELING KELOMPOK REALITA UNTUK MENINGKATKAN RESILIENSI DIRI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 48 SURABAYA. Skripsi thesis, Universitas PGRI Adibuana Surabaya.

[thumbnail of 1. HALAMAN DEPAN.pdf] Text
1. HALAMAN DEPAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (332kB)
[thumbnail of 2. ABSTRAK.pdf] Text
2. ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (128kB)
[thumbnail of 3. BAB I.pdf] Text
3. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (157kB)
[thumbnail of 8. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (317kB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Prastika, Yulia. 2022. Keefektifan Layanan Konseling Kelompok Realita Untuk Meningkatkan Resiliensi Diri Siswa Kelas VIII SMP Negeri 48 Surabaya. Program Studi Bimbingan dan Konseling. Fakultas Pendagogi dan Psikologi. Universitas PGRI Adi Buana Surabaya. Pembimbing Dr. Cindy Asli Pravesti, S. Pd., M.pd.
Kata Kunci: Konseling Kelompok, Konseling Realita, Resiliensi Diri
Penilitian ini dilakukan berdasarkan fenomena yang ada di kelas VIII SMP Negeri 48 Surabaya yang menunjukkan terdapat beberapa siswa yang memiliki tingkat resiliensi diri rendah. Dalam penelitian ini didapatkan rumusan masalah yaitu apakah layanan konseling kelompok realita dapat efektif digunakan untuk meningkatkan resiliensi diri siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan layanan konseling kelompok realita dalam meningkatkan resiliensi diri siswa di SMP Negeri 48 Surabaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi eksperimental design dengan bentuk Nonequivalent control group design. Populasi penelitian adalah siswa kelas VIII, dan jumlah sampel yang digunakan adalah 10 siswa, yang terdiri dari 5 siswa kelas VIII-A sebagai kelas eksperimen dan 5 siswa kelas VIII-E sebagai kelas kontrol yang memiliki tingkat resiliensi diri yang rendah. Dalam penelitian ini teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik Purposive sampling. Metode pengumpulan data menggunakan angket resiliensi diri. Dan teknik analisis yang digunakan adalah analisis statistik non parametrik dengan menggunakan Uji Mann-Whitney.
Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan resiliensi diri siswa. Kemampuan resiliensi diri siswa pada kelas eksperimen sebelum diberi perlakuan berupa layanan konseling kelompok realita berada pada kategori rendah dengan skor rata-rata sebesar 34,4 dan setelah diberi perlakuan berupa layanan konseling kelompok realita masuk ke dalam kategori tinggi dengan skor rata-rata sebesar 51,6. Sedangkan kemampuan resiliensi diri siswa pada kelas kontrol sebelum diberi perlakuan berupa konseling kelompok Self-management berada pada kategori rendah dengan skor rata-rata sebesar 33,0 dan setelah diberikan perlakuan berupa layanan konseling kelompok Self-management masuk ke dalam kategori tinggi dengan skor rata-rata sebesar 41,0. Hasil Uji Mann- Whitney menunjukkan bahwa Asymp Sig. (2-tailed) bernilai 0,008 lebih kecil < 0,05. Maka dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak, yang artinya terdapat perbedaan antara hasil kemampuan resiliensi diri siswa untuk Pre-test dan Post-test. Dalam penelitian terdapat hipotesis yang berbunyi “Keefektifan Layanan Konseling Kelompok Realita Untuk Meningkatkan Resiliensi Diri Siswa Kelas VIII SMP Negeri 48 Surabaya”. Dengan demikian penggunaan layanan konseling kelompok realita efektif digunakan untuk meningkatkan resiliensi diri siswa kelas VIII SMP Negeri 48 Surabaya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Pedagogi dan Psikologi (FPP) > Bimbingan Dan Konseling (BK)
Depositing User: Ilham Komarudin PERPUS
Date Deposited: 21 Nov 2022 02:59
Last Modified: 21 Nov 2022 02:59
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/1545

Actions (login required)

View Item
View Item