EFEKTIVITAS STRATEGI SELF-MANAGEMENT UNTUK MENURUNKAN KEJENUHAN BELAJAR PADA SISWA KELAS XI-IPS 1 SMA NEGERI 1 KEDAMEAN GRESIK

SETYOISANTI, AINI RIZKI (2022) EFEKTIVITAS STRATEGI SELF-MANAGEMENT UNTUK MENURUNKAN KEJENUHAN BELAJAR PADA SISWA KELAS XI-IPS 1 SMA NEGERI 1 KEDAMEAN GRESIK. Skripsi thesis, Universitas PGRI Adibuana Surabaya.

[thumbnail of 1. HALAMAN DEPAN.pdf] Text
1. HALAMAN DEPAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (815kB)
[thumbnail of 2. ABSTRAK.pdf] Text
2. ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (259kB)
[thumbnail of 3. BAB I.pdf] Text
3. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (328kB)
[thumbnail of 8. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (390kB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Setyoisanti, Aini Rizki. 2022. Efektivitas Strategi Self-Management Untuk Menurunkan Kejenuhan Belajar Pada Siswa Kelas XI-IPS 1 SMA Negeri 1 Kedamean. Program Studi Bimbingan dan Konseling. Fakultas Pedagogi dan Psikologi. Universitas PGRI Adi Buana Surabaya. Pembimbing Dr. Cindy Asli Pravesti, S.Pd., M.Pd.
Kata Kunci: Strategi Self-Management, Kejenuhan Belajar, Konseling Individu
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas strategi self-management untuk menurunkan kejenuhan belajar pada siswa kelas XI-IPS 1 SMA Negeri 1 Kedamean. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain eksperimen Single Subject Design (SSD) dengan desain A-B-A’. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah statistik deskriptif dan teknik analisis visual.
Subjek dalam penelitian ini merupakan 2 siswa dari kelas XI-IPS 1 yang tingkat kejenuhan belajarnya paling tinggi. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes kejenuhan belajar menggunakan angket. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif yang ditampilkan dalam bentuk tabel dan grafik untuk mengetahui menurunnya kejenuhan belajar pada siswa setelah diberikan treatment berupa konseling individu.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah 2 siswa atau subjek mengalami penurunan nilai pre-test kemampuan awal (Baseline-1). Hasil post-test kemampuan akhir (Baseline-2) kedua subjek penelitian yakni PW dan PDC mengalami penurunan skor, subjek PW dengan skor 35 dan subjek PDC dengan skor 36. Hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan strategi self-management efektif menurunkan kejenuhan belajar siswa SMAN 1 Kedamean Gresik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > L Education (General)
L Education > LA History of education
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Pedagogi dan Psikologi (FPP) > Bimbingan Dan Konseling (BK)
Depositing User: Ilham Komarudin PERPUS
Date Deposited: 21 Nov 2022 03:49
Last Modified: 21 Nov 2022 03:49
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/1548

Actions (login required)

View Item
View Item