Zahroh, Ni’matuz (2020) PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP KINERJA PEMERINTAH DESA DALAM MEMBERIKAN PELAYANAN PUBLIK (Studi di Desa Sooko Kecamatan Wringinanom Kabupaten Gresik. Skripsi thesis, UNIVERSITAS PGRI ADIBUANA SURABAYA.
1. Halaman Depan.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (653kB)
2. Abstrak.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (398kB)
3. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (168kB)
8. Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (1MB)
Abstract
Zahroh, Ni’matuz. 2019. Persepsi Masyarakat terhadap Kinerja
Pemerintah Desa dalam Memberikan Pelayanan Publik (Studi
di Desa Sooko Kecamatan Wringinanom Kabupaten Gresik).
Skripsi. Program Studi Pendidikan Pancasila dan
Kewarganegaraan. Universitas PGRI Adi Buana Surabaya.
Pembimbing: Dr. Suhari, S.H., M.Si.
Kata Kunci : Persepsi Masyarakat, Pelayanan Publik.
Penelitian ini mengenai persepsi masyarakat Desa Sooko
Kecamatan Wringinanom Kabupaten Gresik tentang kinerja pemerintah
desa dalam memberikan pelayanan publik mengenai prinsip
kesederhanaan, kejelasan, kepastian waktu penyelesaian, akurasi produk
layanan, tanggungjawab pegawai, kemudahan akses, kelengkapan sarana
dan prasarana, perilaku pegawai, serta kenyamanan yang selama ini belum
diketahui.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Data
dikumpulkan menggunakan teknik wawancara, observasi, dan
dokumentasi dengan narasumber petugas pelayanan publik dan
masyarakat Desa Sooko. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis
interaktif meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data,
kemudian penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan teknik
triangulasi sumber, triangulasi teknik dan penggunaan bahan referensi.
Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa persepsi masyarakat
Desa Sooko menyatakan penyelenggaraan pelayanan cukup baik pada
beberapa aspek, yakni prosedur yang sederhana, akurasi produk yang
tepat, waktu penyelesaian layanan jelas, pegawai yang bertanggung jawab,
tempat yang mudah diakses, dan perilak u pegawai yang sopan dan ramah.
Sementara mereka merasa kurang puas pada beberapa aspek, yakni kurang
jelasnya persyaratan teknis dan administratif, aspek sarana dan prasarana
kurang lengkap, aspek keindahan dan kebersihan kurang diperhatikan.
Peningkatan pelayanan publik di Desa Sooko dapat dilakukan dengan
prioritas kejelasan persyaratan teknis dan administratif, pengadaan papan
informasi, peningkatan sarana dan prasarana, dan perhatian pada
keindahan dan kebersihan.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare L Education > L Education (General) L Education > LA History of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora (FISH) > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) |
Depositing User: | Ilham Komarudin PERPUS |
Date Deposited: | 23 Nov 2022 08:13 |
Last Modified: | 23 Nov 2022 08:13 |
URI: | https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/1644 |