PENGARUH PERMAINAN HITAM HIJAU PINTAR BERBASIS PENDEKATAN KONTEKSTUAL TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS V SDN GAYUNGAN II SURABAYA

Hidayat, Syarif (2020) PENGARUH PERMAINAN HITAM HIJAU PINTAR BERBASIS PENDEKATAN KONTEKSTUAL TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS V SDN GAYUNGAN II SURABAYA. Skripsi thesis, Universitas PGRI Adibuana Surabaya.

[thumbnail of 1. Cover.pdf] Text
1. Cover.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (575kB)
[thumbnail of 2. ABSTRAK.pdf] Text
2. ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (12kB)
[thumbnail of 3. BAB I.pdf] Text
3. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (206kB)
[thumbnail of 8. Daftar Pustaka.pdf] Text
8. Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (36kB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Kata Kunci: Pendekatan kontekstual, Permainan hitam hijau
pintar, Hasil belajar.
Telah dilaksanakan penelitian ini berdasarkan pada
masalah yaitu masih banyaknya peserta didik yang kesulitan
dalam pelajaran matematika. Tujuan penelitian ini yaitu
mengkaji aktivitas pendidik dan peserta didik dalam
pembelajaran serta mengkaji pengaruh pendekatan kontekstual
berbasis permainan hitam hijau pintar terhadap hasil belajar.
Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif dengan rancangan
quasi eksperimental posttest only control design. Teknik
pengambilan sampel menggunakan simple random sampling.
Hasil uji validasi perangkat: lembar validasi RPP
memperoleh skor 3.7, lembar validasi observasi aktivitas
pendidik memperoleh skor 3.80, lembar validasi observasi
aktivitas peserta didik memperoleh skor 3.74, lembar tes hasil
belajar memperoleh skor 3.9 yang dinyatakan layak dan
digunakan untuk pengambilan data dalam penelitian. Setelah
penelitian, dilakukan uji homogenitas diperoleh nilai Sig.
0,604, berarti data bersifat homogen. Uji normalitas pada kelas
eksperimen diperoleh nilai Sig. 0,144 dan pada kelas kontrol
diperoleh nilai Sig. 0,180. Maka dapat disimpulkan data
berdistribusi normal.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas pendidik
dan peserta didik dalam melaksanakan pendekatan terlaksana
dengan baik. Dan uji t-test diperoleh nilai Sig. 0,04 maka H0
ditolak dan Ha diterima. Dapat disimpulkan bahwa terdapat
pengaruh pendekatan kontekstual berbasis permainan hitam
hijau pintar terhadap hasil belajar peserta didik kelas V SDN
Gayungan II Surabaya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pedagogi dan Psikologi (FPP) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: Kadek Ayu PERPUS
Date Deposited: 24 Nov 2022 04:52
Last Modified: 24 Nov 2022 07:04
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/1666

Actions (login required)

View Item
View Item