PENGARUH MEDIA KOMIK INTERAKTIF BERBASIS PEMBELAJARAN ABAD 21 TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATERI PERSEBARAN SUMBER DAYA ALAM INDONESIA KELAS IV SDN DUKUH MENANGGAL 01 SURABAYA

Ghifary, Dhiva Hafiluddin Al (2020) PENGARUH MEDIA KOMIK INTERAKTIF BERBASIS PEMBELAJARAN ABAD 21 TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATERI PERSEBARAN SUMBER DAYA ALAM INDONESIA KELAS IV SDN DUKUH MENANGGAL 01 SURABAYA. Skripsi thesis, Universitas PGRI Adibuana Surabaya.

[thumbnail of 1.Halaman Depan.pdf] Text
1.Halaman Depan.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (428kB)
[thumbnail of 2.Abstrak.pdf] Text
2.Abstrak.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (54kB)
[thumbnail of 3.BAB I.pdf] Text
3.BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (100kB)
[thumbnail of 8.Daftar pustaka dan lampiran.pdf] Text
8.Daftar pustaka dan lampiran.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (4MB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Kata Kunci: Media Komik Interaktif, Pemahaman Konsep
Media komik interaktif merupakan perpaduan media dua
dimensi dengan media tiga dimensi, yang memberikan pengalaman
belajar secara menyeluruh kepada peserta didik, yang juga menjadi
solusi untuk merepresentasi bahan ajar yang sukar dijelaskan secara
verbal, yang membuat menarik media ini adalah kolaborasi antara
beberapa jenis media mulai dari audio, video dan visual.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh media
komik interaktif terhadap pemahaman konsep yang menggunakan
populasi siswa kelas IV SDN Dukuh Menanggal 01 Surabaya dan
sampel kelas IV A dan IV B. Metode yang digunakan dalam penelitian
ini adalah metode penelitian kuantitatif. Teknik pengumpulan data
menggunakan tes. Adapun teknik analisis data yang digunakan yakni
uji hipotesis atau uji t, karena data berupa angka.
Hasil penelitian yang ditemukan dalam pengujian pengaruh
media komik interaktif terhadap pemahaman konsep terdapat
pengaruh penggunaan media komik interaktif yang terlihat dari hasil
tes yang telah dilakukan. Simpulan dan saran diberikan agar penelitian
ini dapat bermanfaat bagi pembaca, khususnya bagi perkembangan
inovasi media pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Pedagogi dan Psikologi (FPP) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: Kadek Ayu PERPUS
Date Deposited: 25 Nov 2022 02:39
Last Modified: 26 Dec 2022 15:54
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/1698

Actions (login required)

View Item
View Item