PENGEMBANGAN MEDIA MANIPULATIF JADUT (JAM SUDUT) PADA MUATAN PELAJARAN MATEMATIKA DALAM MATERI SUDUT KELAS IV SD

AGUSTINA, WAHYUNING TRI (2018) PENGEMBANGAN MEDIA MANIPULATIF JADUT (JAM SUDUT) PADA MUATAN PELAJARAN MATEMATIKA DALAM MATERI SUDUT KELAS IV SD. Skripsi thesis, UNIVERSITAS PGRI ADI BUANA SURABAYA.

[thumbnail of 1. Halaman Depan-dikonversi.pdf] Text
1. Halaman Depan-dikonversi.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (525kB)
[thumbnail of 2. ABSTRAK-dikonversi.pdf] Text
2. ABSTRAK-dikonversi.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (35kB)
[thumbnail of 3. BAB I-dikonversi.pdf] Text
3. BAB I-dikonversi.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (124kB)
[thumbnail of 8. Daftar Pustaka-dikonversi.pdf] Text
8. Daftar Pustaka-dikonversi.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (92kB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Agustina, Wahyuning Tri. 2018. Pengembangan Media Manipulatif Jadut (Jam
Sudut) pada Mata Pelajaran Matematika dalam Materi Sudut Kelas IV
SDN Ketabang Surabaya. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru
Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas
PGRI Adi Buana Surabaya. Pembimbing: (1) Triman Juniarso, M.Pd.
(2) Dr. Rarasaning S., S.E., M.Pd.
Kata Kunci : Media Manipulatif (Jadut), Model Pengembangan Four D
Penelitian ini dilakukan di SDN Ketabang Surabaya. Tujuan peneliti
dalam mengembangkan media manipulatif ini adalah untuk menghasilkan media
manipulatif yang dapat digunakan untuk peserta didik dalam memahami materi
tentang sudut. Kesulitan pseserta didik dalam memahami materi tentang sudut
pada jam, adalah kurangnya keterampilan dalam menggunakan busur dan belum
adanya media pembelajaran yang dapat digunakan oleh peserta didik dalam
menentukan besar dan jenis sudut pada jam. Maka peneliti membuat media manipulatif sebagai solusi untuk peserta didik yang berupa Jadut yang dilengkapi dengan buku petunjuk menggunakan media tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian dengan jenis kulitatif dengan menggunakan modifikasi model pengembangan 4D. Model pengembangan ini terdiri dari define (pendefinisian), design (perancangan, develop (pengembangan), desseminate (penyebaran). Namun penelitian ini tahap desseminate (penyebaran) tidak dilakukan karena tahap ini membutuhkan sosialisasi yang cukup panjang dan dan lama. Subjek penelitian pengembangan media pembelajaran ini adalah peserta didik kelas IV-B dengan jumlah 40 dan kelas IV-C dengan jumlah siswa 40 SDN Ketabang Surabaya. Perolehan skor validasi materi dari ahli materi adalah 4,19 dikategorikan valid. Perolehan skor validasi media Jadut (jam sudut) dan modul berturut-turut adalah 3,69 dan 3,40 dikategorikan valid. Nilai kepraktisan yang diperoleh dari angket respon siswa dalam uji coba I dan uji coba II berturut-turut adalah 3,96 dan 4,10 dikategorikan praktis. Nilai keefektifan yang diperoleh dari hasil belajar peserta didik dalam uji coba I dan uji coba II berturut-turut adalah 75,06 dan 77,5 dikategorikan efektif. Dengan demikian mdia manipulatif Jadut yang dikembangkan ini dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Pedagogi dan Psikologi (FPP) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: Guruh Fitriawan PERPUS
Date Deposited: 05 Dec 2022 04:27
Last Modified: 05 Dec 2022 04:48
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/2124

Actions (login required)

View Item
View Item