ZUFRIDA, AMALIA (2022) PENGEMBANGAN MEDIA KOMIK DIGITAL PADA TEMA 4 SUBTEMA 1 KELAS IV SDN SEDATI GEDE 2 SIDOARJO. Skripsi thesis, UNIVERSITAS PGRI ADI BUANA SURABAYA.
1. HALAMAN DEPAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (791kB)
2. ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (15kB)
3. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (126kB)
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (119kB)
Abstract
Zufrida, Amalia, 2022. Pengembangan Media Komik Digital Pada
Tema 4 Subtema 1 Kelas IV SDN Sedati Gede 2 Sidoarjo.
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas
Pedagogi Dan Psikologi. Universitas PGRI Adibuana Surabaya.
Pembimbing (1) Drs. Bahauddin Azmy, M.Pd. (2) Via Yustitia,
S.Pd., M.Pd.
Kata Kunci: Media, Komik Digital, Tematik
Media pembelajaran yang dipakai selama ini hanya sebatas
proyektor. perlu suatu pengembangan media yang lebih inovatif,
efektif, fleksibel dan efisien. media komik merupakan media yang
sifatnya jelas dan mudah dimengerti serta mempunyai fungsi
informatif dan edukatif. Tujuan penelitian ini (1) untuk mengetahui
hasil pengembangan media komik digital, (2) untuk mengetahui
kualitas produk media komik digital, (3) untuk mengetahui hasil
belajar menggunakan model dan desain media komik digital pada
pembelajaran tema 4 subtema 1 kelas 4.
Penelitian ini termasuk pengembangan (Research and
Development). Model pengembangan menggunakan model ADDIE
yang meliputi analisis (analysis), desain (design), pengembangan
(development), implementasi (implementatiton), dan evaluasi
(evaluation). Menggunakan teknik analisis data kualitatif dan
kuantitatif. Analisis kualitatif digunakan untuk mengolah data hasil
review barupa tanggapan, kritik, saran perbaikan oleh ahli isi bidang studi, ahli desain. Sedangkan analisis kuantitatif digunakan untuk mneganalisis data kuantitatif hasil validasi dengan teknik perhitungan rata-rata. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa komik digital dalam kualifikasi valid dengan keterangan layak digunakan sesuai dengan revisi komentar dan saran. Dari ketiga validator ahli bahasa 87,5% , ahli media77,27% , dan ahli materi 87,5% juga memberikan skor minimal 3 dan 4 pada lembar validasi yang dikembangkan pada setiap indikator yang dinilai. Selain itu validator juga menyimpulkan bahwa komik digital yang dikembangkan layak digunakan.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Pedagogi dan Psikologi (FPP) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Depositing User: | Guruh Fitriawan PERPUS |
Date Deposited: | 05 Dec 2022 02:28 |
Last Modified: | 05 Dec 2022 02:28 |
URI: | https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/2146 |