HUBUNGAN PROGRAM 7S (SENYUM, SALAM, SAPA, SOPAN, SANTUN, SEMANGAT, DAN SEPENUH HATI) DENGAN PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER SISWA KELAS AWAL SDN KETABANG SURABAYA

Zahroh, Fatimah Az (2019) HUBUNGAN PROGRAM 7S (SENYUM, SALAM, SAPA, SOPAN, SANTUN, SEMANGAT, DAN SEPENUH HATI) DENGAN PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER SISWA KELAS AWAL SDN KETABANG SURABAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS PGRI ADI BUANA SURABAYA.

[thumbnail of 1. Halaman Depan.pdf] Text
1. Halaman Depan.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (125kB)
[thumbnail of 2. Abstrak.pdf] Text
2. Abstrak.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (20kB)
[thumbnail of 3. BAB I.pdf] Text
3. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (31kB)
[thumbnail of 8. DAFTAR PUSTAKA & LAMPIRAN.pdf] Text
8. DAFTAR PUSTAKA & LAMPIRAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (2MB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Zahroh, Fatimah Az. 2019. Hubungan Program 7S (Senyum, Salam,
Sapa, Sopan, Santun, Semangat, dan Sepenuh Hati) Dengan
Penguatan Pendidikan Karakter Siswa Kelas Awal SDN Ketabang Surabaya. Skripsi. Program Studi Pendidikan Sekolah Dasar. Universitas PGRI Adi Buana Surabaya.
Pembimbing:
(1) Drs. Bahauddin Azmy, M.Pd,
(2) Drs. H.Atnuri, S.H., M.Pd.
Kata Kunci: Program 7S (Senyum, Salam, Sapa, Sopan, Santun,
Semangat, dan Sepenuh Hati), Penguatan Pendidikan Karakter. Penelitian ini didasarkan pada kenyataan di lapangan yang
masih banyak siswa tidak mengenal sopan santun terhadap orang
yang lebih tua atau guru. Pembentukan karakter di sekolah sangat diperlukan dalam diri anak. Program 7S di sekolah merupakan salah satu kegiatan yang dapat merubah diri anak agar lebih menghormati orang yang lebih tua khususnya guru. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui aktivitas guru dan siswa dalam pelaksanaan program 7S di SDN Ketabang Surabaya dan untuk mengetahui hubungan program 7S (senyum, salam, sapa, sopan, santun, semangat, dan sepenuh hati) dengan penguatan pendidikan karakter siswa kelas awal SDN Ketabang Surabaya. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan rancangan penelitian Pre Experimental Design – One Shot Case Study. Sampel penelitian siswa kelas III yang berjumlah 90, dengan menggunakan Sampling Kuota. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan angket. Teknik analisis data menggunakan persentase dan uji korelasi product moment. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru dan
siswa dalam pelaksanaan program 7S masuk dalam kriteria “baik” dan terdapat hubungan program 7S (senyum, salam, sapa, sopan, santun, semangat, dan sepenuh hati) dengan penguatan pendidikan karakter siswa kelas awal SDN Ketabang Surabaya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Pedagogi dan Psikologi (FPP) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: Guruh Fitriawan PERPUS
Date Deposited: 05 Dec 2022 07:56
Last Modified: 05 Dec 2022 07:56
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/2154

Actions (login required)

View Item
View Item