ANALISIS KEMAMPUAN MATEMATIS SISWA DALAM PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA LUAS DAN KELILING BANGUN DATAR KELAS IV SD HANG TUAH 10 JUANDA

Achadiyah, Lailatul (2022) ANALISIS KEMAMPUAN MATEMATIS SISWA DALAM PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA LUAS DAN KELILING BANGUN DATAR KELAS IV SD HANG TUAH 10 JUANDA. Skripsi thesis, Universitas PGRI Adibuana Surabaya.

[thumbnail of 1. HALAMAN DEPAN.pdf] Text
1. HALAMAN DEPAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (618kB)
[thumbnail of 2. ABSTRAK.pdf] Text
2. ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (289kB)
[thumbnail of 3. BAB I.pdf] Text
3. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (410kB)
[thumbnail of 8. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (418kB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Achadiyah, Lailatul. 2021. Analisis Kemampuan Matematis Siswa Dalam Pemecahan Masalah Matematika Luas dan Keliling Bangun Datar Kelas IV SD Hang Tuah 10 Juanda. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Pedagogi dan Psikologi. Universitas PGRI Adi Buana Surabaya. Pembimbing (1) Danang Prastyo, S.Pd., M.Pd. (2) Susi Hermin Rusminati, S.Pd., M.Pd.
Kata Kunci: Kemampuan Matematis, Pemecahan Masalah Matematika.
Penelitian ini dilatar belakangi oleh pentingnya kemampuan matematis siswa, khususnya kemampuan dalam pemecahan masalah masalah. Namun masih ada beberapa siswa yang mengalami kesulitan dalam memecahkan masalah matematika yang dihadapinya. Hal ini dapat disebabkan karena peran siswa yang masih pasif ketika proses pembelajaran di kelas berlangsung. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan matematis siswa dalam pemecahan masalah matematika luas dan keliling bangun datar kelas IV SD Hang Tuah 10 Juanda.
Pendekatan yang dipakai dalam penelitian ini yaitu pendekatan kualitatif dengan metode penelitian deskriptif. Subjek penelitian ini dipilih berdasarkan tingkat kemampuan matematis siswa dalam pemecahan masalah matematika, yaitu tinggi, sedang, dan rendah. Subjek yang diambil dalam penelitian ini berjumlah 3 orang siswa yang terdiri dari 1 orang siswa perempuan dan 2 orang siswa laki-laki. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu reduksi data, menyajikan data, dan menarik kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa yang memiliki kemampuan matematis dalam pemecahan masalah matematika tinggi mampu menyelesaikan masalah yang ada pada soal nomor 1, 2, dan 3 dengan baik dan benar. Siswa tersebut juga dapat merencanakan penyelesaian masalah dengan sistematis serta teliti pada tahap memeriksa kembali langkah-langkah penyelesaian masalah. Akan tetapi, untuk siswa yang memiliki kemampuan matematis dalam pemecahan masalah matematika sedang hanya mampu memecahkan masalah yang ada pada soal nomor 1 dan 2 dengan baik dan benar. Pada soal nomor 3, siswa tersebut belum mampu merencanakan penyelesaian masalah dan memeriksa kembali langkah-langkah penyelesaian masalah dengan tepat. Sedangkan untuk siswa yang memiliki kemampuan matematis dalam pemecahan masalah matematika rendah belum mampu memecahkan masalah yang ada pada soal nomor 1, 2, dan 3 dengan baik dan benar. Siswa tersebut belum mampu memenuhi setiap indikator yang ada pada pemecahan masalah matematika.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Pedagogi dan Psikologi (FPP) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: Ilham Komarudin PERPUS
Date Deposited: 05 Dec 2022 03:49
Last Modified: 05 Dec 2022 03:49
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/2182

Actions (login required)

View Item
View Item