PROSES BERPIKIR SISWA SMP DALAM MEMECAHKAN MASALAH GEOMETRI BERDASARKAN TEORI VAN HIELE DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF

Sari, Nur Azizah Kurnia (2019) PROSES BERPIKIR SISWA SMP DALAM MEMECAHKAN MASALAH GEOMETRI BERDASARKAN TEORI VAN HIELE DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF. Skripsi thesis, UNIVERSITAS PGRI ADI BUANA SURABAYA.

[thumbnail of 1. Halaman Depan.pdf] Text
1. Halaman Depan.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (559kB)
[thumbnail of 2. Abstrak.pdf] Text
2. Abstrak.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (186kB)
[thumbnail of 3. BAB I.pdf] Text
3. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (314kB)
[thumbnail of 8. DAFTAR PUSTAKA dan lampiran.pdf] Text
8. DAFTAR PUSTAKA dan lampiran.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (536kB)

Abstract

Kata Kunci : Proses Berpikir teori Van Hiele, Pemecahan
Masalah Polya, Materi Geometri, Field Dependent
dan Field Independent.
Penelitian ini berlatar belakang dari kurangnya siswa
berpikir dalam pemecahan masalah. Terutama pada materi
matematika yaitu geometri. Penelitian ini bertujuan untuk
mendeskripsikan terkait proses berpikir siswa dalam
memecahkan masalah geometri yang ditinjau dari gaya
kognitif Field Dependent dan Field Independent. Penelitian
ini merupakan penelitian deskriptf dengan pendekatan
kualitatif dengan subyek peletitian siswa kelas VIII-B SMP
Negeri 9 Surabaya. Penelitian ini dimulai dengan menentukan
subyek berdasarkan kriteria peneliti, yaitu kemampuan
matematika geometri yang setara dan komunikasi siswa yang
baik. Kemudian peneliti memberikan tes GEFT (Group
Embedded Figures Test) dari hasil tes tersebut peneliti dapat
menentukan dua subyek berdasarkan gaya kognitif Field
Independen dan Field Dependent. Kemudian peneliti
melakukan TPMG (Tes Pemecahan Masalah Geometri) dan
melakukan wawancara kepada dua subyek yang terpilih.
vi
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Dibuktikan
subyek gaya kognitif Field Independent memenuhi tiga
indikator berdasarkan teori Van Hiele (visualisasi,
analisis, deduksi informal) dalam pemecahan masalah
materi geometri. Dan untuk subyek gaya kognitif Field
Dependent hanya memenuhi dua indikator (visualisasi
dan analisis) dalam pemecahan masalah materi geometri

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi (FST) > Pendidikan Matematika
Depositing User: Bambang Hadi PERPUS
Date Deposited: 05 Dec 2022 05:26
Last Modified: 05 Dec 2022 05:26
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/2201

Actions (login required)

View Item
View Item