Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Metematis Siswa SMP Hang Tauh 1 Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pada Meteri Persamaan Garis Lurus

Anisah, Siti (2019) Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Metematis Siswa SMP Hang Tauh 1 Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pada Meteri Persamaan Garis Lurus. Skripsi thesis, UNIVERSITAS PGRI ADI BUANA SURABAYA.

[thumbnail of 1. Halaman Depan.pdf] Text
1. Halaman Depan.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (829kB)
[thumbnail of 2. ABSTRAK.pdf] Text
2. ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (117kB)
[thumbnail of 3. BAB I .pdf] Text
3. BAB I .pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (285kB)
[thumbnail of 8. DAFTAR PUSTAKA dan lampiran.pdf] Text
8. DAFTAR PUSTAKA dan lampiran.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (538kB)

Abstract

Kata Kunci : Kemampuan Pemecahan Masalah, Persamaan Garis
Lurus, Soal Cerita, Teori Polya
Salah satu tujuan umum kurikulum matematika 2013 yaitu siswa
harus memiliki kemampuan pemecahan masalah matematis yang
baik, dengan kemampuan pemecahan masalah yang baik siswa akan
memiliki pemahaman masalah yang baik pula, sehingga siswa
mampu menyusun dan menerapkan penyelesaian dengan baik juga
mampu membuat kesimpulan dengan benar dalam menyelesaikan
soal cerita persamaan garis lurus. Tetapi kenyataannya kemampuan
pemecahan masalah matematis siswa masih rendah apalagi yang
berkaitan dengan soal cerita, salah satu penyebabnya karena siswa
tidak bisa menerjemahkan soal cerita ke dalam model matematika.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang
bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah
matematis siswa SMP Hang Tuah 1 Surabaya dalam meyelesaikan
soal cerita persamaan garis lurus berdasarkan langkah Polya. Subjek
penelitian ini adalah 3 siswa kelas VIII D SMP Hang Tuah 1
Surabaya tahun ajaran 2018/2019. Metode yang digunakan adalah
dokumentasi nilai PTS siswa, tes dan wawancara. Data yang diambil
dalam penelitian ini adalah hasil jawaban soal tes dan rekaman hasil
wawancara
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa berkemampuan
tinggi mampu memenuhi semua langkah Polya, sedangkan siswa
berkemampuan sedang hanya memenuhi 3 langkah Polya sampai
tahap menjalankan rencana, adapun siswa berkemampuan rendah
hanya memenuhi 2 langkah Polya sampai tahap merencanakan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi (FST) > Pendidikan Matematika
Depositing User: Bambang Hadi PERPUS
Date Deposited: 05 Dec 2022 07:41
Last Modified: 05 Dec 2022 07:41
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/2233

Actions (login required)

View Item
View Item