PENGARUH MEDIA SCIENTOON (SAINS COMIC) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI EKOSISTEM PEMBELAJARAN IPA KELAS V SD NEGERI TENGGILIS MEJOYO 1 SURABAYA

MAULANA, ALFIAN IHZA (2022) PENGARUH MEDIA SCIENTOON (SAINS COMIC) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI EKOSISTEM PEMBELAJARAN IPA KELAS V SD NEGERI TENGGILIS MEJOYO 1 SURABAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS PGRI ADI BUANA SURABAYA.

[thumbnail of 1. Halaman Depan.pdf] Text
1. Halaman Depan.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (839kB)
[thumbnail of 2. ABSTRAK.pdf] Text
2. ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (124kB)
[thumbnail of 3. BAB I.pdf] Text
3. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (106kB)
[thumbnail of 8. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (44kB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Maulana, Alfian Ihza. 2022. “Pengaruh Media Scientoon (Sains
Comic) Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi
Ekosistem Pembelajaran IPA Kelas V SDN Tenggilis
Mejoyo 1 Surabaya. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru
Sekolah Dasar. Fakultas Pedagogi dan Psikologi.
Universitas PGRI Adi Buana Surabaya. Pembimbing (1) Ida
Sulistyawati, S.H., M.Pd.(2) Pana Pramulia, S.Pd., M.Pd.
Kata Kunci : Media Scientoon, Materi Ekosistem, Hasil Belajar
Penelitian ini dilaksanakan karena ada beberapa faktor
yang harus diubah dan dikembangkan dalam dunia pendidikan
dan pengajaran, faktor tersebut adalah perubahan dan
pengembangan serta pemakaian media pembelajaran yang
menarik dalam mendidik dan mengajar. Salah satu media yang
dapat mengembangkan kemampuan berhitung siswa adalah
media scientoon. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah
“Apakah ada pengaruh media Scientoon (Sains Comic) terhadap
hasil belajar siswa pada Materi Ekosistem Pembelajaran IPA
Kelas kelas V SDN Tenggilis Mejoyo 1 Surabaya?”. Tujuan
dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pengaruh
media scientoon terhadap kemampuan berhitung penjumlahan
dan pengurangan kelas V SDN Tenggilis Mejoyo 1 Surabaya.
Jenis penelitian eksperimen dengan desain posttest-only
with Nonequivalent Group yang mana selama kegiatan penelitian
akan digunakan dua kelompok yaitu kelompok eksperimen dan
kelompok kontrol. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN Tenggilis Mejoyo 1 Surabaya. Sampel dalam penelitian ini menggunakan siswa kelas V A dan V B SDN
Tenggilis Mejoyo 1 Surabaya. Instrumen penelitian ini
menggunakan tes berupa soal pilihan ganda. Teknik
penggumpulan data ini dilakukan dengan cara tes yaitu posttest. Analisis data yang digunakan adalah analisis homogenitas, uji normalitas, dan uji t. Simpulan dari penelitian ini yaitu terdapat pengaruh signifikan media Scientoon (sains comic) terhadap hasil belajar siswa pada materi ekosistem pembelajaran IPA kelas V SDN Tenggilis Mejoyo 1 Surabaya, hal ini dibuktikan dengan perhitungan hasil posttest yang diuji dengan uji t-test dengan hasil Sig. 0,000 yang berarti terdapat pengaruh media scientoon (Sains Comic) terhadap hasil belajar siswa pada materi ekosistem
pembelajaran IPA kelas V SDN Tenggilis Mejoyo 1 Surabaya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Pedagogi dan Psikologi (FPP) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: Guruh Fitriawan PERPUS
Date Deposited: 06 Dec 2022 03:16
Last Modified: 06 Dec 2022 03:16
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/2257

Actions (login required)

View Item
View Item