PENGARUH MEDIA FLIPBOOK KOMIK FABEL TERHADAP MINAT MEMBACA PESERTA DIDIK KELAS IV SDN MENANGGAL 601 SURABAYA

WULANDARI, DELLA AYU (2022) PENGARUH MEDIA FLIPBOOK KOMIK FABEL TERHADAP MINAT MEMBACA PESERTA DIDIK KELAS IV SDN MENANGGAL 601 SURABAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS PGRI ADI BUANA SURABAYA.

[thumbnail of 1. HALAMAN DEPAN.PDF] Text
1. HALAMAN DEPAN.PDF - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (2MB)
[thumbnail of 2. ABSTRAK.pdf] Text
2. ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (15kB)
[thumbnail of 3. BAB I.pdf] Text
3. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (160kB)
[thumbnail of 8. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (103kB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Wulandari, Della Ayu. 2022. Pengaruh Media Flipbook Komik
Fabel Terhadap Minat Membaca Peserta Didik Kelas IV SDN
Menanggal 601 Surabaya. Skripsi Program Studi Pendidikan
Guru Sekolah Dasar. Fakultas Pedagogi dan Psikologi.
Universitas PGRI Adi Buana Surabaya. Pembimbing: (1) Apri
Irianto, S.H., M.Pd. (2) Susi Hermin Rusminati, S.Pd., M.Pd.
Kata Kunci: Media Flipbook Komik Fabel, Minat membaca
Minat membaca merupakan keinginan seseorang untuk
mengenali huruf dan menangkap makna dari kalimat tersebut.
ketercapaian minat membaca peserta didik yang optimal
membutuhkan media yang tepat. Untuk mencapai tujuan tersebut
maka salah satu media yang digunakan yaitu media yang menarik
karena memadukan teks dan gambar yang menarik, sehingga dapat
menciptakan minat membaca peserta didik menggunakan media
flipbook komik fabel. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui
adakah perbedaan rata-rata peserta didik yang diajarkan
mengguanakan media flipbook komik fabel dengan peserta didik
yang tidak diajarkan dengan media flipbook komik fabel.
Metode penelitian pada penelitian ini adalah kuantitatif tipe
quasi eksperimental design. Desain Pre-Test and Post-Test Control
Group Design. Siswa kelas IV SDN Menanggal 601 Surabaya
sebagai populasi. Sampel diambil dengan teknik purposive sampling,
kelas IV B sebagai kelas eksperimen dan IV C sebagai kelas kontrol.
Teknik pengumpulan data berupa teknik tes dan dokumentasi.
Teknik analisis data uji hipotesis dilakukan dengan uji normalitas,
homogenitas dan hipotesis.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa perbedaan rata-rata yang
signifikan antara peserta didik kelas IV di SDN Menanggal 601
Surabaya yang diajarkan menggunakan media flipbook komik fabel.
Perbandingan peningkatan hasil belajar antara kelas eksperimen
dengan kelas kontrol (13,38 dengan 13,24) Perbandingan tersebut
diperoleh dari selisih rata- rata antara pre-test dan post-test masingmasing kelas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Pedagogi dan Psikologi (FPP) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: Guruh Fitriawan PERPUS
Date Deposited: 06 Dec 2022 07:14
Last Modified: 06 Dec 2022 07:14
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/2274

Actions (login required)

View Item
View Item