ANALISIS DAMPAK PERMAINAN GAME MOBILE PADA SISWA KELAS V SDN NGAGEL REJO I SURABAYA

Vilaninda, Gerina (2019) ANALISIS DAMPAK PERMAINAN GAME MOBILE PADA SISWA KELAS V SDN NGAGEL REJO I SURABAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS PGRI ADI BUANA SURABAYA.

[thumbnail of halaman cover (Autosaved).pdf] Text
halaman cover (Autosaved).pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (654kB)
[thumbnail of gerina abstrak.pdf] Text
gerina abstrak.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (187kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (230kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (169kB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Vilaninda, Gerina, 2019. Analisis Dampak Permainan Game Mobile Pada Siswa Kelas V SDN Ngagel
Rejo I Surabaya. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu
Pendidikan. Universitas PGRI Adi Buana Surabaya.
Pembimbing : Drs. H. Atnuri, S.H., M.Pd, Dra. Dian Kusmaharti, S.Si.,M.Pd
Kata kunci: dampak, permainan, game mobile, sikap.
Kecanduangame mobile di era saat ini melaporkan bahwa kecanduan game mobile semakin
meningkat di dunia. Di negara-negara Asia Tenggara, dampak negatif dari kecanduan game online
telah menyebabkan pemerintah dan penyedia layanan kesehatan menjadikan hal ini menjadi
masalah yang serius dan berupaya untuk mengembangkan serangkaian inisiatif untuk memba tasi
dan mengatasi masalah tersebut. Pada tahun 2012 ditemukan ada 45,3% dari 3.264 siswa sekolah
yang bermain game mobile. Dengan kriteria tersebut, ditemukan ada 15 siswa (10,2%) dari 1477
siswa yang mungkin mengalami adiksi. Game mobile mempunyai dampak negatif. Dampak negatif
game mobile dapat berpengaruh pada pendidikan karakter anak di sekolah, seperti pada karakter
sikap tanggung jawab dan kreatif siswa. Maka dari itu pihak sekolah maupun guru dibantu dengan
orang tua siswa senantiasa terus memantau perkembangan dan memberikan penguata n terhadap
pendidikan karakter sesuai dengan Perpres no 87 tahun 2017. Persentase siswa kelas V B yang suka
dan tidak suka permaian game mobile. Dampak permainan game mobile pada sikap tanggung jawab
dan sikap kreatif siswa kelas V B Terdapat 17 siswa dari 31 siswa yang menyukai permainan game
mobile sebanyak 76%, siswa kelas V B menyukai permainan game mobile. Kemudian terdapat 14
siswa dari 31 siswa sebanyak 24% yang tidak menyukai permainan game mobile. Dampak permainan
game mobile pada sikap tanggung jawab dan kreatif siswa yang menyukai game mobile dikatakan
baikatau berdampak positif. Sedangkan dampak permainan 5 game mobile pada sikap tanggung
jawab dan kreatif siswa yang tidak menyukai game mobile dikatakan kurang baik atau berdampak
negatif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Pedagogi dan Psikologi (FPP) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: Guruh Fitriawan PERPUS
Date Deposited: 13 Dec 2022 06:40
Last Modified: 13 Dec 2022 06:40
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/2697

Actions (login required)

View Item
View Item