Perancangan Dan Analisis Desain Chassis Mobil Listrik 1 Penumpang Menggunakan Metode Finite Element Analysis

Hermawan, Andi Mayo (2021) Perancangan Dan Analisis Desain Chassis Mobil Listrik 1 Penumpang Menggunakan Metode Finite Element Analysis. Skripsi thesis, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya.

[thumbnail of 1 Halaman Depan.pdf] Text
1 Halaman Depan.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (2MB)
[thumbnail of 2. Abstrak.pdf] Text
2. Abstrak.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (361kB)
[thumbnail of 3. BAB I.pdf] Text
3. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (635kB)
[thumbnail of 8. Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf] Text
8. Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (1MB)
Official URL: https://unipasby.ac.id

Abstract

Chasis adalah kerangka internal yang menjadi dasar produksi sebuah objek, sebagai penyokong bagian-bagian seperti mesin, alat elektronik dan komponen support lainnya. Metode FEA dilakukan untuk mengalisa kekuatan material dari pembebanan yang diterapkan pada objek. Dalam penelitian ini akan dilakukan analaisis pada von misses, displacement, dan safety factor. Material yang digunakan pada rangka chassis adalah baja karbon rendah. Baja karbon yang dipakai ialah
berjenis pipa atau circular hollow section, ukuran 48,3 x 3,0 dan 33,7 x 2,5. Von misses ialah tegangan yang terjadi ketika terjadi pembebanan pada chassis, displacement ialah perubahan yang terjadi pada chassis ketika tekena pembebanan, dan safety factor ialah angka keamanan yang muncul agar chassis dalam kondisi yang aman jika terjadi pembebanan, pembebanan dilakukan sebanyak 3 kali dengan
varian pembebanan sebesar 80kg, 100kg, dan 120kg. Hasil daripada von misses yakni pada beban 80 kg sebesar 9,217 Mpa, 100kg sebesar 11,5 Mpa, 120kg sebesar 13,830 Mpa, displacement pada beban 80kg sebesar 0,6229mm, 100kg sebesar
0,7789mm, 120kg sebesar 0,0934mm, dan safety factor dari seluruh varian pembebanan sebesar 15.
Kata kunci : Chassis, Displacement, Safety Factor, Von Misses.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology > T Technology (General)
T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Teknik Industri (TI)
Depositing User: Endah Yuni PERPUS
Date Deposited: 09 Aug 2022 08:58
Last Modified: 28 Nov 2022 03:49
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/274

Actions (login required)

View Item
View Item