Rizkyaningsih, Sugeng Rahayu (2019) Pengaruh Permainan Tradisional Engklek Terhadap Pengenalan Konsep Angka 1-10 Pada Anak Kelompok A di RA Darussalam Jogosatru Sukodono Sidoarjo. Skripsi thesis, UNIVERSITAS PGRI ADI BUANA SURABAYA.
HALAMAN DEPAN SCAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (2MB)
ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (295kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (198kB)
BAB 1 PENDAHULUAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (210kB)
Abstract
Rizkyaningsih, Sugeng Rahayu. 2018. Pengaruh Permainan Tradisional
Engklek Terhadap Pengenalan Konsep Angka 1-10 Pada Anak
Kelompok A di RA Darussalam Jogosatru Sukodono Sidoarjo.
Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini.
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas PGRI Adi
Buana Surabaya. Pembimbing: Aisyah, S.Psi.,M.Pd.,Isabella
Hasiana, S.Psi.,M.Psi.
Kata Kunci: Permainan Tradisional, Engklek, Pengenalan Konsep Angka.
Penelitian yang dilakukan pada anak kelompok A di RA Darussalam
Jogosatru Sukodono Sidoarjo ini dilatar belakangi oleh rendahnya
kemampuan anak dalam mengenal angka 1-10. Untuk itu kegiatan
permainan tradisional engklek digunakan sebagai sarana pengenalan konsep
angka 1-10.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh permainan
tradisional engklek terhadap pengenalan konsep angka 1-10 pada anak
kelompok A di RA Darussalam Jogosatru Sukodono Sidoarjo. Peneliti
menggunakan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian yang diterapkan yaitu
penelitian eksperimen. Rancangan penelitian menggunakan preexperimental design dengan jenis One-group Pretest-Posttest Design. Pada
penelitian ini populasi dan sampel yang digunakan yaitu anak kelompok A
dengan jumlah 29 anak. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu
melalui observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan metode analisis data statistic dengan menggunakan rumus uji-t. Berdasarkan hasil dari one sample t-test dapat diketahui bahwa nilai dari t-hitung yang diperoleh yaitu 5,116. Sedangkan nilai t-tabel yang diperoleh yaitu 2,048. Dari hasil tersebut dapat diketahui bahwa nilai thitung > t-tabel, sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Jadi dapat
disimpulkan bahwa terdapat pengaruh permainan tradisional engklek terhadap pengenalan konsep angka 1-10 pada anak kelompok A di RA Darussalam Jogosatru Sukodono Sidoarjo.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LA History of education L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Pedagogi dan Psikologi (FPP) > Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) |
Depositing User: | Guruh Fitriawan PERPUS |
Date Deposited: | 16 Dec 2022 04:01 |
Last Modified: | 16 Dec 2022 04:01 |
URI: | https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/2850 |