PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR TERHADAP TINGKAT PENGUASAAN KOSA KATA ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TK DHARMA WANITA PERSATUAN DESA KEBARON KECAMATAN TULANGAN

ANININGSIH, FITRI (2022) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR TERHADAP TINGKAT PENGUASAAN KOSA KATA ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TK DHARMA WANITA PERSATUAN DESA KEBARON KECAMATAN TULANGAN. Skripsi thesis, UNIVERSITAS PGRI ADI BUANA SURABAYA.

[thumbnail of 2. ABSTRAK.pdf] Text
2. ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (77kB)
[thumbnail of 1. HALAMAN DEPAN .pdf] Text
1. HALAMAN DEPAN .pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (523kB)
[thumbnail of 3. BAB 1.pdf] Text
3. BAB 1.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (149kB)
[thumbnail of 8. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (202kB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Kata kunci : Media gambar, penguasaan kosa kata
Pendidikan anak usia dini pada hakikatnya adalah
pendidikan yang di selenggarakan dengan tujuan untuk memfasilitasi pertumbuhan dan perkembangan anak secara menyeluruh atau menekan pada perkembangan seluruh aspek kepribadian anak. atas dasar ini lembaga PAUD perlu menyediakan berbagai kegiatan yang dappat mengembangkan berbagai aspek perkembangan seperti kognitif, bahasa, sosial emosi, fisik, dan motorik. Masalah dalam penelitian ini berdasarkan hasil observasi yang di lakukan di TK Dharma wanita persatuan Desa Kebaron Kecamatan Tulangan keterampilan kosa kata anak belum sesuai dengan pencapaian tingkat perkembangannya. anak belum mampu dalam menyebutkan suatu benda, anak masih malu untuk membaca
di depan kelas , anak juga masih kurang mampu mengucapkan kata
secara urut dan runtut, dan sebagian besar anak masih kebingungan
untuk menjabarkan kata dengan benar. Hal ini membuat kalimat
bahasa anak kurang sempurna, anak hanya bisa mengucapkan satu
atau dua kata saja dan serta belum mampu menyampaikan ide,
pikiran, gagasan dan perasaan. Tujuan penelitian ini ialah untuk
mengetahui pengaruh penggunaan media gambar terhadap tingkat
penguasaan kosa kata anak usia 4-5 tahun.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan
teknik pengumpulan data observasi yaitu non partisipan mengamati dari
dekat aktivitas pembelajarandi TK Dharma Wanita Persatuan dalam penggunaan media gambar dalam meningkatkan kosa kata anak usia dini, dengan analisis data nya menggunakan Uji t dan subjek dalam penelitian ini ada 21 anak TK B TK Dharma Wanita Persatuan Berdasarkan hasil analisis uji hipotesis dari tabel diketahui bahwa nilai t hitung sebesar 2,91 lebih besar dari pada nilai t tabel v 1,729 maka dapat di katakan bahwa hipotesis kerja terbukti secara signifikan yang artinya bahwa media kartu gambar berpengaruh pada kemampuan kosa kota anak usia 4-5 tahun di TK Dharma Wanita Persatuan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pedagogi dan Psikologi (FPP) > Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD)
Depositing User: Kadek Ayu PERPUS
Date Deposited: 16 Dec 2022 03:37
Last Modified: 20 Dec 2022 07:35
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/2877

Actions (login required)

View Item
View Item