NURTHA, ANISHA MEGA (2019) KESALAHAN PENGGUNAAN TANDA BACA PADA TUGAS MATA KULIAH SEMINAR MAHASISWA PENDIDIKAN BAHASA INDONESIA 2015-A UNIVERSITAS PGRI ADI BUANA SUARABAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS PGRI ADI BUANA SURABAYA.
1. halaman depan.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (612kB)
PENGESAHAN, KEASLIAN, ABSTRAK, MOTO, KATA PENGANTAR, DAFTAR ISI 22.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (156kB)
(BAB I) kesalahan penggunaan tanda baca.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (305kB)
8. daftar pustaka & lampiran.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (1MB)
Abstract
Nurtha, Anisha Mega, 2019. Kesalahan Penggunaan Tanda Baca
pada Tugas Mata Kuliah Seminar Mahasiswa Pendidikan
Bahasa Indonesia 2015-A Universitas PGRI Adi Buana
Surabaya. Skripsi. Surabaya. Program Studi Bahasa
Indonesia. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan,
Universitas PGRI Adi Buana Surabaya. Dosen
Pembimbing: Dr. Rahayu Pujiastuti, M.Pd.
Kata Kunci: Tanda Baca, Seminar
Tanda baca merupakan tanda-tanda dalam tulisan untuk
memberi kunci kepada pembaca terhadap hal yang ingin
disampaikan. Tanda baca pada penelitian ini terdiri dari beberapa
macam, yaitu tanda titik (.), tanda koma (,),tanda titik koma (;),
tanda titik dua (:), tanda tanya (?), tanda petik (“...”), tanda hubung
(-), tanda pisah (—). Penelitian ini dilakukan sebagai bentuk
pencermatan agar mengurangi kesalahan tanda baca dalam
mengerjakan tugas-tugas.
Tujuan dari penelitian ini, yaitu untuk mendeskripsikan
kesalahan penggunaan tanda baca. Penelitian ini merupakan
kesalahan penggunaan tanda baca. Bentuk kesalahan tanda baca
tersebut diteliti dari tugas mata kuliah seminar yang dibuat oleh
mahasiswa Pendidikan Bahasa Indonesia 2015-A Universitas PGRI
Adi Buana Surabaya. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian
adalah pendekatan kualitatif dengan menggunakan metode
deskriptif.
Setelah semua tahap penelitian dilakukan, maka
didapatkan hasil dari penelitian, yaitu kesalahan penggunaan tanda
baca pada tugas mata kuliah seminar Pendidikan Bahasa Indonesia
2015-A Universitas PGRI Adi Buana Surabaya yang diakibatkan
karena kurangnya pemahaman mahasiswa mengenai penggunaan
tanda baca yang baik dan benar. Simpulan dan saran diberikan agar
penelitian ini dapat bermanfaat bagi pembaca, khususnya bagi
pembinaan dan pengembangan pengajaran bahasa dan sastra
Indonesia dalam memahami penggunaan tanda baca.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education P Language and Literature > PN Literature (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora (FISH) > Pendidikan Bahasa Indonesia (PBI) |
Depositing User: | Guruh Fitriawan PERPUS |
Date Deposited: | 21 Dec 2022 06:40 |
Last Modified: | 21 Dec 2022 06:40 |
URI: | https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/3032 |