MUNTHOLIB (2019) Sistim pengaturan motor induksi 3phasa 415 volt 0,75 kw menggunakan variabel frekuensi drive untuk menghilangkan hentakan arus pada saat star. Skripsi thesis, UNIVERSITAS PGRI ADI BUANA SURABAYA.
1. Halaman Judul.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (1MB)
2. abstrak.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (70kB)
3. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (95kB)
8. Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (82kB)
Abstract
Muntholib,2019, sistim pengaturan motor induksi 3phasa 415 volt 0,75 kw menggunakan
variabel frekuensi drive untuk menghilangkan hentakan arus pada saat start, Tugas Akhir, Program
Studi: Teknik Elektro Universitas Adi Buana Surabaya, Dosen Pembimbing: Ir. Rony Hendra
Rahwanto Fora, M.T.
Motor induksi banyak digunakan karena karakteristiknya yang kokoh,handal dan biaya
perawatannya yang murah.Di sisi lain,motor induksi juga memiliki kekurangan yaitu sulit untuk
di kontrol dan memiliki arus mula yang biasanya enam kali dari arus nominalnya
Pada sebuah long travel motor yang terdapat di unit crane yang menggunakan kontrol
motor putar kanan-kiri dengan memiliki dua kecepatan yang berbeda yaitu slow dan fast. Untuk
saat ini pengaturan kecepatan motor masih menggunakan sistim kontrol motor secara direct on
line (DOL) yang apabila ditinjau dari sisi biaya dan harganya lebih murah,akan tetapi dengan
menggunakan sistim kontrol motor secara direct on line ini akan terlihat kekurangannya pada saat
crane beroperasi mengangkat dan memindahkan barang. Pada kecepatan slow tidak terlihat bahaya
yang timbul saat operator crane mengangkat dan memindahkan barang, tetapi pada saat
perpindahan kecepatan long travel motor crane dari slow berubah menjadi fast terdapat hentakan
pada motor yang mengakibatkan benda yang akan dipindahkan menjadi berayun yang akan
menimbulkan bahaya di tempat kerja.
Dengan meninjau permasalahan yang terdapat pada lonjakan arus motor pada saat
start,maka pengaturan kecepatan motor dirubah dengan tidak menggunakan sistim direct on line
diganti menggunakan variabel frekuensi drive dengan tujuan menghilangkan hentakan pada motor.
Kata kunci: Motor Induksi,Variable Frekuensi,Direc On Line
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | T Technology > T Technology (General) T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Teknik Elektro (TE) |
Depositing User: | Ilham Komarudin PERPUS |
Date Deposited: | 22 Dec 2022 04:35 |
Last Modified: | 22 Dec 2022 04:35 |
URI: | https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/3245 |