CAHYONO, MAHARDIKA RIDHO (2019) EVALUASI BULLWHIP EFFECT SISTEM DISTRIBUSI PADA PERUSAHAAN KERAMIK DI SURABAYA DENGAN MENGGUNAKAN METODE FAILURE MODE AND EFFECT ANALYSIS (FMEA). Skripsi thesis, UNIVERSITAS PGRI ADIBUANA SURABAYA.
HALAMAN DEPAN REV.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (458kB)
3 Abstrak.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (88kB)
4 BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (91kB)
5 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (95kB)
Abstract
Mahardika Ridho Cahyono, 2019, Evaluasi Bullwhip Effect Sistem Distribusi
Pada Perusahaan Keramik Di Surabaya, Tugas Akhir, Program Studi: Teknik
Industri Universitas PGRI Adi Buana Surabaya, Dosen Pembimbing: Muhamad
Abdul Jumali, ST., MT, IPM.
Untuk meraih kesuksesan maka perusahan harus tetap menjaga hubungan
baik terhadap pelanggan. Salah satu tindakan menjaga hubungan baik tersebut
adalah dengan cara pemenuhan permintaan pelanggan. Hal ini dapat dilakukan
melalui pengelolaan sistem distribusi yang optimal. Gangguan pengelolaan sistem
distribusi dapat mengakibatkan terjadinya bullwhip effect. Bullwhip effect adalah
fenomena terjadinya distorsi pada permintaan produk oleh konsumen. PT RSTU
adalah perusahaan keramik yang tengah berkembang. Dimana dalam menentukan
ketepatan pemenuhan permintaan produk keramik 40x40 type A, B, C, dan D
yang fluktuatif sering mengalami masalah (bullwhip effect). Berdasarkan hasil
penelitian yang telah dilakukan besaran bullwhip effect yang tertinggi tejadi pada
keramik type B dengan nilai 1,46 selanjutnya diikuti type A sebesar 1,22
kemudian type C sebesar 1,06. Sedangkan untuk type D memiliki bullwhip effect
sebesar 0,89. Mengacu pada teori yang telah ada dikatakan apabila nilai bullwhip
effect > 1 maka terjadi amplifikasi permintaan yang berlebih sedangkan nilai
bullwhip effect < 1, maka terjadi penghalusan pola permintaan atau permintaan
masih stabil. Sehingga dapat dikatakan PT RSTU mempunyai permasalahan
terhadap penentuan permintaan produk keramik 40x40 type A, type B, dan type C.
Faktor utama terjadinya bullwhip effect di PT RSTU disebabkan oleh distorsi
informasi pada urutan pertama dengan nilai 408, selanjutnya diikuti oleh
peramalan permintaan sebesar 357, leadtime dengan nilai 244 dan fluktuasi harga
berada di posisi keempat sebesar 200. Untuk itu dalam mengatasi permasalahan
adanya bullwhip effect yang terjadi maka, PT RSTU sebaiknya memperbaiki
information sharing, manajemen dan teknik peramalan serta menstabilkan harga
produk.
Kata Kunci: Pelanggan, Bullwhip Effect, Sistem Distribusi, Keramik
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Teknik Industri (TI) |
Depositing User: | Ilham Komarudin PERPUS |
Date Deposited: | 23 Dec 2022 03:49 |
Last Modified: | 23 Dec 2022 03:49 |
URI: | https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/3411 |