THE EFFECTIVENESS OF USING WHATSAPP MEDIA ON THE WRITING ACHIEVEMENT OF STUDENTS IN 8TH GRADE AT SMP NEGERI 1 SUKODONO

Putri, Nabilla Esa Pradina Surya (2020) THE EFFECTIVENESS OF USING WHATSAPP MEDIA ON THE WRITING ACHIEVEMENT OF STUDENTS IN 8TH GRADE AT SMP NEGERI 1 SUKODONO. Skripsi thesis, UNIVERSITAS PGRI ADI BUANA SURABAYA.

[thumbnail of 1. Halaman Depan.PDF] Text
1. Halaman Depan.PDF - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (1MB)
[thumbnail of 2. Abstrak.pdf] Text
2. Abstrak.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (581kB)
[thumbnail of 3. BAB I.pdf] Text
3. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (390kB)
[thumbnail of 8. Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf] Text
8. Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (1MB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Kata kunci: media whatsapp, prestasi menulis siswa Permasalahan siswa di SMP Negeri 1 Sukodono di pembelajaran menulis adalah kurangnya kosa kata, ketidakmampuan dalam mengkonstruksi tata bahasa, dan malas dalam latihan menulis. Oleh karena itu, peneliti menggunakan media sosial WhatsApp untuk membantu siswa dalam menulis prestasi, karena WhatsApp dapat meningkatkan tulisan siswa keahlian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan dari menggunakan WhatsApp terhadap prestasi menulis siswa di 8 kelas th
di SMP Negeri 1 Sukodono.
Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan pre-test dan
desain pascates. Sampel dipilih secara cluster random
contoh. Ada 36 siswa kelas VIII-C sebagai kelas eksperimen dan
36 siswa kelas VIII-B sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data
menggunakan tes, yang terdiri dari kosa kata, menyusun ulang campur aduk
kalimat kartu ucapan, dan tulisan kartu ucapan. Datanya tadi
dianalisis menggunakan rumus uji-t.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa t-hitung adalah 4,28 danhasil derajat signifikansi 5% adalah 1,99444. Skor thitung lebih tinggi dari t-tabel (4,28 > 1,99444). Ini ditunjukkan
bahwa ada efektifitas penggunaan media whatsapp pada tulisan
prestasi siswa 8kelas 3 SMP Negeri 1 Sukodono.
Media WhatsApp dapat membuat siswa berpartisipasi aktif dalam
kelas. Mereka dapat mengembangkan kemampuan menulis mereka dan mendapatkan yang baru kosakata.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora (FISH) > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Kadek Ayu PERPUS
Date Deposited: 28 Dec 2022 02:34
Last Modified: 28 Dec 2022 02:34
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/3528

Actions (login required)

View Item
View Item