STUDENTS’ PERCEPTIONS TOWARD TEACHING SPEAKING USING INSTAGRAM IN SMA DR. SOETOMO SURABAYA

Widiyaningrum, Frida (2020) STUDENTS’ PERCEPTIONS TOWARD TEACHING SPEAKING USING INSTAGRAM IN SMA DR. SOETOMO SURABAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS PGRI ADI BUANA SURABAYA.

[thumbnail of 1. COVER.pdf] Text
1. COVER.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (514kB)
[thumbnail of 2. ABSTRACT.pdf] Text
2. ABSTRACT.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (420kB)
[thumbnail of 3.CHAPTER I.pdf] Text
3.CHAPTER I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (327kB)
[thumbnail of 8. REFERENCES.pdf] Text
8. REFERENCES.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (1MB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Kata kunci: persepsi siswa, pengajaran berbicara, instagram
Mengajar berbicara di era digital adalah salah satu tantangan
dari proses pembelajaran. Guru perlu mengikuti perkembangan
teknologi untuk mendukung pembelajaran, termasuk Instagram
sebagai media sosial. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
persepsi siswa terhadap pengajaran berbicara menggunakan Instagram
di SMA Dr. Soetomo Surabaya.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif.
Peneliti mengumpulkan data menggunakan triangulasi data termasuk
wawancara, observasi, dan dokumen. Wawancara siswa diambil
tentang persepsi mereka tentang menggunakan Instagram. Kemudian,
peneliti melakukan observasi tentang aktivitas siswa menggunakan
lembar observasi. Terakhir, dokumen peneliti diambil dari video siswa
yang diunggah di Instagram. Untuk menganalisis data; Peneliti
menggunakan analisis deskriptif.
Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa mengajar
berbicara menggunakan instagram mempromosikan literasi digital
siswa, mengembangkan kreativitas siswa dalam membuat konten
video, meningkatkan kepercayaan diri siswa untuk berbicara di depan
umum, dan meningkatkan motivasi siswa. Namun, siswa juga
menghadapi beberapa masalah dalam menggunakan Instagram dalam
belajar keterampilan berbicara.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora (FISH) > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Kadek Ayu PERPUS
Date Deposited: 28 Dec 2022 03:56
Last Modified: 28 Dec 2022 03:56
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/3543

Actions (login required)

View Item
View Item