LANGUAGE ATTITUDE OF GENERATION Z TOWARDS ENGLISH LANGUAGE: GENDER AND SOCIO-ECONOMIC STATUS ANALYSIS

Sohid, Achyar Nur (2020) LANGUAGE ATTITUDE OF GENERATION Z TOWARDS ENGLISH LANGUAGE: GENDER AND SOCIO-ECONOMIC STATUS ANALYSIS. Skripsi thesis, UNIVERSITAS PGRI ADI BUANA SURABAYA.

[thumbnail of 3. BAB I.pdf] Text
3. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (92kB)
[thumbnail of 2. Abstrak.pdf] Text
2. Abstrak.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (121kB)
[thumbnail of 1. Halaman Depan.pdf] Text
1. Halaman Depan.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (790kB)
[thumbnail of 8. Referensi & Lampiran.pdf] Text
8. Referensi & Lampiran.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (1MB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Kata Kunci: sikap bahasa, generasi Z, jenis kelamin, dan status
sosial ekonomi
Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi sikap siswa
generasi Z terhadap bahasa Inggris dalam konteks Indonesia secara
khusus ditekankan pada jenis kelamin dan status sosial ekonomi.
Penelitian ini dilakukan karena temuan yang tidak konsisten tentang
sikap bahasa mengenai jenis kelamin dan status sosial ekonomi
dalam penelitian sebelumnya, setelah itu, banyak penelitian sikap
bahasa dibingkai dalam paradigma kuantitatif, maka penelitian sikap
bahasa yang menggunakan tipe kualitatif penting untuk dilakukan.
Penilitian ini menggunakan deskriptif kualitatif sebagai
desain penelitian, dimana wawancara, observasi, wawancara
kelompok, dan dokumen pribadi (artefak) digunakan untuk
mengungkap masalah-masalah tersebut. Subjek penelitian adalah 16
siswa yang dibagi menjadi 3 siswa laki-laki dan 3 siswa perempuan
dan 5 siswa kelas atas dan 5 kelas bawah. Wawancara pribadi
digunakan dalam kategori gender sedangkan wawancara kelompok
digunakan dalam kategori SES. Observasi difokuskan hanya pada
linguistik dan paralinguistik siswa sementara dokumen artefak
diperoleh dari status Whatsapp siswa.
Analisis lebih lanjut menunukkan bahwa ada hubungan
antara sikap siswa dan jenis kelamin. Siswa perempuan lebih
cenderung memiliki sikap positif yang lebih tinggi terhadap bahasa
Inggris daripada siswa laki-laki. Demikian juga, ada hubungan antara
sikap siswa dan SES sehingga siswa kelas atas cenderung memiliki
sikap positif yang lebih tinggi terhadap bahasa Inggris. Temuan ini
diharapkan dapat meningkatkan pemahaman kita tentang sikap
bahasa siswa generasi Z terhadap bahasa Inggris terkait dengan
gender dan SES

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora (FISH) > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Kadek Ayu PERPUS
Date Deposited: 28 Dec 2022 04:20
Last Modified: 28 Dec 2022 04:20
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/3548

Actions (login required)

View Item
View Item