TRANSLANGUAGING PRACTICES IN EFL CLASSROOM: TEACHERS’ PERSPECTIVE

Indahsari, Fabelia Kusnul (2020) TRANSLANGUAGING PRACTICES IN EFL CLASSROOM: TEACHERS’ PERSPECTIVE. Skripsi thesis, UNIVERSITAS PGRI ADI BUANA SURABAYA.

[thumbnail of 1. Halaman Depan.pdf] Text
1. Halaman Depan.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (650kB)
[thumbnail of 2. ABSTRAK.pdf] Text
2. ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (366kB)
[thumbnail of 3. BAB I.pdf] Text
3. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (308kB)
[thumbnail of 8. DAFTAR PUSTAKA dan Lampiran.pdf] Text
8. DAFTAR PUSTAKA dan Lampiran.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (771kB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Kata Kunci: translanguaging, kelas EFL
Penilitian ini membahasa tentang praktik translanguaging
dalam konteks kelas EFL yang secara khusus difokuskan untuk
mengeksplorasi bagaimana perspektif guru terhadap praktik
translanguaging dan manfaat dari praktik translanguaging di kelas
EFL. Penelitian ini dilakukan untuk memberikan pemahaman yang
lebih baik tentang pentingnya praktik translanguaging di kelas EFL
yang dilihat dari sudut pandang guru.
Deskriptif kualitatif digunakan sebagai desain penelitian.
Untuk memahamai masalah translanguaging yang dipraktikkan di
kelas EFL, data didapatkan dengan wawancara pribadi. Data
ditranskripsikan dalam kata demi kata dan dianalisis secara tematis.
Penilitian ini melibatkan 4 guru Bahasa Inggris dari dua sekolah
menengah yang berbeda di Sidoarjo sebagai subjek penelitian.
Hasil penelitian ini meunjukkan cara guru mempraktikkan
translanguaging dalam banyak aspek keterampilan bahasa dan
pedagogi. Guru mempraktikkan translanguaging dalam keterampilan
bahasa ketika mereka menjelaskan tentang materi seperti tata bahasa.
Selain itu, guru juga mempraktikkan translanguaging ketika mereka
mengelola kelas. Analisis lebih lanjut menunjukkan bahwa
translanguaging membantu guru untuk mencapai tujuan mereka dan
salah satu tujuannya adalah untuk membantu siswa memahami
materi yang dijelaskan dalam Bahasa Inggris dengan lebih baik.
Hasilnya diharapkan akan bermanfaat bagi para guru untuk
menyadari pentingnya praktik translanguaging di kelas EFL.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora (FISH) > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Kadek Ayu PERPUS
Date Deposited: 29 Dec 2022 04:11
Last Modified: 29 Dec 2022 04:11
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/3617

Actions (login required)

View Item
View Item