Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas VII Di SMPN 48 Surabaya

Alfianti, Ayu (2022) Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas VII Di SMPN 48 Surabaya. Skripsi thesis, Universitas PGRI ADI BUANA Surabaya.

[thumbnail of 1. HALAMAN DEPAN.pdf] Text
1. HALAMAN DEPAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (1MB)
[thumbnail of 2. ABSTRAK.pdf] Text
2. ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (12kB)
[thumbnail of 3. BAB I.pdf] Text
3. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (190kB)
[thumbnail of 8. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (164kB)
[thumbnail of 9. LAMPIRAN.pdf] Text
9. LAMPIRAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (3MB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Kata Kunci : kemampuan, pemecahan masalah, Aljabar Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VII di SMPN 48 Surabaya pada materi Aljabar. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan subjek 6 siswa kelas VII F SMPN 48 Surabaya yang dipilih berdasarkan hasil kemampuan pemecahan masalah matematika dan pertimbangan dari guru matematika dengan 2 siswa mewakili kelompok tinggi, 2 siswa mewakili kelompok sedang, dan 2 siswa mewakili kelompok rendah. Adapun instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah tes kemampuan pemecahan masalah dan pedoman wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Siswa yang mempunyai kemampuan pemecahan masalah tinggi adalah siswa yang dapat menentukan dan memahami masalah, siswa dapat menuliskan rencana penyelesaian, siswa dapat menyelesaikan soal dengan baik dan benar dan siswa dapat memberikan kesimpulan dari setiap soal yang dikerjakan. Untuk Siswa yang mempunyai kemampuan pemecahan masalah sedang adalah siswa yang memahami masalah dengan baik, siswa mengetahui rencana apa yang harus digunakan, siswa dapat menyelesaikan soal dengan baik dan benar hanya saja siswa tidak menuliskan kesimpulan pada setiap soal yang dikerjakan. Dan Siswa yang berkemampuan pemecahan masalah rendah adalah beberapa soal telah mengetahui masalah dan terdapat siswa yang tidak paham serta siswa tidak menuliskan hal-hal yang ada pada semua soal, dan Adapun yang mengerjakan dengan yang kurang teliti dalam penulisanya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi (FST) > Pendidikan Matematika
Depositing User: Endah Yuni PERPUS
Date Deposited: 13 Apr 2023 03:02
Last Modified: 13 Apr 2023 03:20
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/3955

Actions (login required)

View Item
View Item