NINGSIH, DIANITA WAHYU (2019) PENGARUH PENGGUNAAN TEKNIK RELAKSASI DALAM KONSELING KELOMPOK TERHADAP PENURUNAN STRES BELAJAR SISWA KELAS IX SMP PGRI 1 BUDURAN SIDOARJO. Skripsi thesis, Universitas PGRI ADI BUANA Surabaya.
1. HALAMAN DEPAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (879kB)
2. ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (51kB)
3. BAB 1.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (78kB)
8. DAFTAR PUSTAKA & LAMPIRAN 1 - 12 FIX.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (1MB)
Abstract
Ningsih, Dianita Wahyu. Pengaruh Penggunaan Teknik Relaksasi
dalam Konseling Kelompok Terhadap Penurunan Stres
Belajar Siswa SMP PGRI 1 Buduran Sidoarjo. Skripsi.
Program Studi Pendidikan Bimbingan dan Konseling.
Universitas PGRI Adi Buana Surabaya: Boy Soedarmadji,
S.Pd., M.Pd.
Kata Kunci: Teknik Relaksasi, Konseling Kelompok, Stres Belajar.
Penelitian ini memiliki tujuan untuk menurunkan stres belajar
siswa dan tujuan penelitian ini adalah “Pengaruh Penggunaan Teknik
Relaksasi dalam Konseling Kelompok Terhadap Penurunan Stres
Belajar Siswa Kelas IX SMP PGRI 1 Buduran Sidoarjo.”
Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IX. Sampel
dilakukan dengan menguunakan purposive sampling untuk
mengambil kelas IX B dan IX F berjumlah 56 siswa. Dalam penelitian
ini menggunakan rancangan one group pre test post test design.
Variabel bebas dalam penelitian ini adalah Teknik Relaksasi dalam
konseling kelompok. Instrumen yang digunakan juga telah diuji
cobakan menggunakan spss for windows versi 16.0 dengan tingkat ke
valid an sebesar 0,279 dapat dinyatakan valid. Dari populasi
berjumlah 56 siswa. maka telah diperoleh siswa yang mengalami stres
yang tinggi berjumlah 6 orang siswa.
Dalam uji hipotesis terdapat pengaruh yang signifikan pada
teknik relaksasi dalam konseling kelompok terhadap penurunan stres
belajar siswa yang telah diujikan melalui uji wilcoxon dapat diketahui
Z (-2.201) dengan Asymp. Sig (2-tailed) bernilai .028 dimana .028 ≤
0,05 (taraf signifikan), maka dapat disimpulkan bahwa Ha diterima
dan Ho di tolak yang artinya adanya perbedaan antara pre-test dan
post-test teknik relaksasi dalam konseling kelompok, sehingga dapat
mempengaruhi dengan signifikan “penggunaan teknik relaksasi dalam
konseling kelompok terhadap penurunan stres belajar siswa kelas IX
SMP PGRI 1 Buduran Sidoarjo.”
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology H Social Sciences > H Social Sciences (General) H Social Sciences > HM Sociology L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Pedagogi dan Psikologi (FPP) > Bimbingan Dan Konseling (BK) |
Depositing User: | Kadek Ayu PERPUS |
Date Deposited: | 15 Aug 2022 03:13 |
Last Modified: | 23 Nov 2022 01:28 |
URI: | https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/401 |