AL-AYYUBI, SALAHUDDIN (2022) ANALISIS MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA MENURUT POLYA DI SMP PGRI 1 BUDURAN. Skripsi thesis, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya.
1. HALAMAN DEPAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (912kB)
2. ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (66kB)
3. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (92kB)
8 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (89kB)
Abstract
Kata kunci : model problem based learning, pemecahan masalah
matematika, pemecahan masalah Polya.
Kemampuan pemecahan masalah matematika perlu dikembangkan dalam kegiatan pembelajaran agar lebih bermakna. Pemecahan masalah matematika tentunya sangat diperlukan dalam kegiatan sehari-hari untuk peserta didik sehingga dibutuhkan model pembelajaran yang tepat. Salah satu model pembelajaran yang cocok digunakan dalam meningkatkan kemampuan masalah matematika adalah model problem based learning. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan model problem based learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika menurut tahapan Polya dan hasil belajar peserta didik SMP PGRI 1 Buduran. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini dengan tes tulis dan wawancara. Langkah-langkah analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Triangulasi teknik digunakan dalam penelitian ini untuk memeriksa keabsahan data yang didapat. Sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII A SMP PGRI 1 Buduran. Berdasarkan hasil penelitian yang didapat sebagian besar kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik kelas VIII A SMP PGRI 1 Buduran tergolong dalam kategori tinggi. Setelah penggunaan model problem based learning kemampuan pemecahan
masalah matematika peserta didik kelas VIII A SMP PGRI 1
Buduran dapat meningkat. Hal ini dikarenakan pemahaman masalah
vi peserta didik meningkat dan mampu menggunakan langkah-langkah pemecahan masalah dengan benar.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GA Mathematical geography. Cartography |
Divisions: | Fakultas Sains dan Teknologi (FST) > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Kadek Ayu PERPUS |
Date Deposited: | 10 Jul 2023 04:05 |
Last Modified: | 10 Jul 2023 04:08 |
URI: | https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/4272 |