LUTFI AFILIA, ISNAINI (2023) ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA SMA KELAS X PADA SOAL BERBASIS HOTS. Skripsi thesis, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya.
1. HALAMAN DEPAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (703kB)
2. ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (190kB)
3. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (317kB)
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (424kB)
9. LAMPIRAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (6MB)
Abstract
Kemampuan pemecahan masalah merupakan kemampuan yang digunakan memecahkan suatu permasalahan, karena pemecahan ini memerlukan pemahaman yang lebih dibandingkan dengan pemecahan lainnya. Pemecahan masalah dalam matematika biasanya berbentuk soal berbasis HOTS. Soal berbasis HOTS merupakan soal matematika yang dikerjakan oleh siswa untuk mengukur kemampuan berfikir tingkat tinggi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas X EF-2 SMA Antartika Sidoarjo pada soal berbasis HOTS materi barisan dan deret.
Jenis penelitian menggunakan pendekatan kualitatif. Subyek pada penelitian ini yaitu 6 siswa dengan 2 siswa kemampuan matematika tinggi, 2 siswa kemampuan matematika sedang, dan 2 siswa kemampuan matematika rendah. Metode pengumpulan data menggunakan tes kemampuan pemecahan masalah matematis pada soal berbasis HOTS dan wawancara.Teknik analisis data pada penelitian ini yaitu reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Sedangkan untuk memeriksa keabsahan data peneliti menggunakan triangulasi waktu.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa kemampuan matematika tinggi dapat memenuhi semua indikator kemampuan pemecahan masalah berdasarkan tahapan polya yaitu memahami masalah, merencanakan penyelesaian, melaksanakan perencanaan, dan memeriksa kembali. Siswa dengan kemampuan matematika sedang dapat memenuhi tiga indikator kemampuan pemecahan masalah berdasarkan tahapan polya yaitu memahami masalah, merencanakan penyelesaian, dan melaksanakan perencanaan. Siswa dengan kemampuan matematika rendah dapat memenuhi dua indikator kemampuan pemecahan masalah berdasarkan tahapan polya yaitu merencanakan penyelesaian dan melaksanakan perencanaan.
Kata Kunci : Polya, Pemecahan Masalah, HOTS.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LA History of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan (FGr) > Pendidikan Matematika S1 |
Depositing User: | Mrs. Isnaini Lutfi Afilia |
Date Deposited: | 16 Aug 2023 02:23 |
Last Modified: | 25 Jul 2024 04:28 |
URI: | https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/4444 |