Valentino, Kevin (2023) STRATEGI PENGEMBANGAN UMKM KERAJINAN ROTAN DENGAN PENDEKATAN METODE CANVAS. Skripsi thesis, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya.
1. HALAMAN DEPAN.pdf
Download (1MB)
2. ABSTRAK.pdf
Download (10kB)
3. BAB I.pdf
Download (17kB)
4. LAMPIRAN.pdf
Download (849kB)
5. DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (247kB)
Abstract
Pendekatan Metode Canvas merupakan Strategi dalam pengembangan
usaha yang dapat meminimalisir kendala yang ada pada UMKM Kerajinan Rotan
Pak Hayan. Penentuan strategi dalam pengembangan usaha bertujuan untuk dapat
bersaing dengan UMKM yang sejenis untuk mengembangkan usaha. Setelah
menggunakan analisis SWOTdengan faktor internal dan eksternal maka diperoleh
posisi kuadran I dengan kordinat (3.3: 3.2), melalui perhitungan Matrik IFE (3,36)
dan EFE (3.28). Selanjutnya diperoleh rancangan Business Model Canvas (BMC)
dengan 6 komponen yaitu (1) Customer Segment, dengan mempelajari kompetitor
dengan jenis produk serupa (2) Value Proposition, memberi produk unik dan
bervariasi dan kemudahan memperoleh layanan penjualan saat akan membeli
produk (3) Channel, memanfaatkan media social, (4) Customer Relationships
hubungan antar pelanggan dengan pemberian promo dan layanan pengiriman luar
daerah , (5) Revanue Streams memperbanyak variasi dan inovasi model, (6) Key
resource, sumber yang dimiliki perlengkapan alat produksi,tenaga kerja, webiste
marketplace, brosur dan logo. Dengan demikian UMKM Kerajinan Rotan Pak
Hayan mempunyai strategi untuk bersaing.
The Canvas Method approach is a strategy in business development that can
minimize the constraints that exist in Pak Hayan's Rattan Handicraft MSMEs. Determining
the strategy in business development aims to be able to compete with similar MSMEs to
develop the business. After using the SWOT analysis with internal and external factors, the
position in quadrant I with coordinates (3.3: 3.2) is obtained, through the calculation of the
IFE Matrix (3.36) and EFE (3.28). Next, a Business Model Canvas (BMC) design with 6
componentsis obtained, namely (1) Customer Segment, by studying competitors with similar
product types (2) Value Proposition, providing unique and varied products and ease of
obtaining sales services when buying products (3) Channel , utilizing social media, (4)
Customer Relationships relationships between customers by providing promos and delivery
services outside the area, (5) Revanue Streams increase modelvariations and innovations, (6)
Key resources, sources owned by production equipment, labor, website marketplace, flyers
and logos. Thus Pak Hayan's RattanHandicraft MSME has a strategy to compete.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Teknik Industri (TI) |
Depositing User: | Tn Endar Wahyu Oktoda |
Date Deposited: | 01 Jul 2024 08:28 |
Last Modified: | 01 Jul 2024 08:28 |
URI: | https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/4458 |