PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA SMAN 1 MENGANTI

Maghfirly, Lia (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA SMAN 1 MENGANTI. Skripsi thesis, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya.

[thumbnail of 2. ABSTRAK.pdf] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (312kB)
[thumbnail of 3. BAB I.pdf] Text
3. BAB I.pdf

Download (306kB)
[thumbnail of 8. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (312kB)
[thumbnail of 9. Lampiran.pdf] Text
9. Lampiran.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of 1. HALAMAN DEPAN (4).pdf] Text
1. HALAMAN DEPAN (4).pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Creative Problem Solving terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika materi matriks siswa kelas XI SMAN 1 Menganti. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan desain penelitian one-group posttest design. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas XI 5 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI 6 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik dokumentasi dan tes. Instrumen yang digunakan untuk mengukur kemampuan pemecahan masalah matematika siswa terdiri dari 4 butir soal uraian dengan pendekatan masalah yang kontekstual. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, data yang diperoleh dari hasil posttest dianalisis menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematika antara siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Creative Problem Solving dan siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran konvensional di SMAN 1 Menganti pada materi matriks. Hal ini dapat dilihat melalui hasil dari uji t yang menunjukkan bahwa t_hitung=3,73>t_tabel=1,99, dengan taraf α=0,05 maka H_0 ditolak dan H_1 diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh pada penerapan model pembelajaran Creative Problem Solving terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa SMAN 1 Menganti.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi (FST) > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs. Lia Maghfirly
Date Deposited: 04 Sep 2023 05:55
Last Modified: 04 Sep 2023 05:55
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/4518

Actions (login required)

View Item
View Item