ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA PROGAM LINEAR BERDASARKAN KATEGORI KESALAHAN NEWMAN

Dwi Tantilawati, Laila (2023) ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA PROGAM LINEAR BERDASARKAN KATEGORI KESALAHAN NEWMAN. Skripsi thesis, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya.

[thumbnail of 1.  HALAMAN DEPAN.pdf] Text
1. HALAMAN DEPAN.pdf

Download (866kB)
[thumbnail of 2. ABSTRAK.pdf] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (33kB)
[thumbnail of 3. BAB I.pdf] Text
3. BAB I.pdf

Download (101kB)
[thumbnail of 8. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (169kB)
[thumbnail of 9. Lampiran.pdf] Text
9. Lampiran.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis kesalahan siswa dan faktor penyebab kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita pada materi program linear berdasarkan kategori kesalahan Newman. Penelitian ini dilakukan di SMA Antartika Sidoarjo. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini dipilih 3 subjek yang melakukan kesalahan terbanyak dari hasil tes pemecahan masalah pada materi program linear di kelas XI MIPA 4. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes dan wawancara. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Peneliti menggunakan triangulasi waktu untuk menguji keabsahan data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal ceita pada materi program linear dan faktor penyebab kesalahan siswa berdasarkan kategori kesalahan Newman yaitu subjek pertama melakukan kesalahan pada tahap keterampilan proses dan penulisan jawaban akhir. Faktor penyebabnya karena siswa kurang teliti dalam menghitung hasil penjumlahan variabel x dan y ketika menyelesaikan soal. Subjek kedua melakukan kesalahan pada tahap keterampilan proses dan penulisan jawaban akhir. Faktor penyebabnya karena siswa kurang teliti dalam menghitung nilai dari variabel x dan y ketika menyelesaikan soal. Subjek ketiga melakukan kesalahan pada tahap memahami masalah, transformasi, keterampilan proses dan penulisan jawaban akhir. Faktor penyebabnya siswa tidak memahami soal yang diberikan, siswa tidak dapat membuat model matematika dari soal cerita, siswa tidak tahu langkah-langkah yang akan digunakan dalam menyelesaikan soal, siswa asal-asalan dalam mengerjakan soal, dan siswa kurang teliti dalam menghitung hasil keuntungan maksimum ketika menyelesaikan soal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan (FGr) > Pendidikan Matematika S1
Depositing User: Mrs Laila Dwi Tantilawati
Date Deposited: 25 Jul 2024 04:15
Last Modified: 25 Jul 2024 04:15
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/4519

Actions (login required)

View Item
View Item