Kusumaningrum, Ivenna Ayudithya Rara (2023) MINAT MAHASISWA TATA BUSANA ANGKATAN 2019 PADA MATA KULIAH TEKNOLOGI BUSANA DENGAN METODE DARING DI UNIVERSITAS PGRI ADI BUANA SURABAYA. Skripsi thesis, universitas PGRI Adi Buana Surabaya.
1. HALAMAN DEPAN SKRIPSI IVENNA.pdf
Download (743kB)
2. ABSTRAK SKRIPSI IVENNA.pdf
Download (49kB)
3. BAB 1 SKRIPSI IVENNA.pdf
Download (115kB)
4. DAFTAR PUSTAKA SKRIPSI IVENNA.pdf
Download (166kB)
5. LAMPIRAN SKRIPSI IVENNAA.pdf
Download (823kB)
Abstract
ABSTRAK
Ivenna Ayudithya Rara Kusumaningrum,2023, Minat Mahasiswa Tata busana
Angkatan 2019 Pada Mata Kuliah Teknologi Busana Dengan Metode Daring Di
Universitas PGRI Adibuana Suarabaya, Skripsi, Program Studi: PVKK- Tata
Busana Teknik Universitas PGRI Adibuana Surabaya, Dosen pembimbing: Agus
Ridwan Misbahhuddin S.Pd MP.d
Tujuan dari dilakukannya penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan minat
mahasiswa pada mata kuliah teknologi busana dengan metode daring. Pembelajaran
daring yang kadang memiliki kendala yang sering terjadi dari pengajar maupun
pengajar sehingga menghambat dan mengurangi minat mahasiswa terhadap materi
yang disampaikan. Salah satu contoh pada mata kuliah teknologi busana yang
terjadi pada mhasiswa universits PGRI adibuana Surabaya jurusan pendidikan
PVKK- tata busana Berdasarkan pantauan mata kuliah ini dianggap sebagai mata
kuliah yang cukup menakutkan dikarenakan materi yang sulit untuk dipahami
melalui metode daring dan mahasiswa dituntut untuk praktek dalam setiap materi
yang dilaksanakan.
Pada penelitian ini peneliti menggunakan penelitian kuantitatif deskriptif
dengan metode analisis regresi linear sederhana untuk mengetahui adanya pengaruh
variabel bebas terhadap variabel terikat. Dalam penelitian ini variabel terikat adalah
minat mahasiswa sedangkan variabel bebas adalah metode daring. Dalam
pengumpulan data peneliti menggunakan angket, dari hasil pengambilan data
angket peneliti menggunakan SPSS 25 untuk melakukan uji validitas, realibilitas
dan uji asumsi klasiks. Dari hasil SPSS 25 pada uji T terdapat Nilai T- hitung 6,476
lebih besar dari T tabel sebesar 1,711 sehingga dapat di asumsikan bahwa metode
daring mempengaruhi minat mahasiswa terhadap mata kuliah teknlogi busana.
Pada hasil uji t dapat dikatakan ada pengaruh apabila nilai T hitung lebih
besar dari T tabel dapat dilihat juga dengan melihat nilai signifikansi dari hasil uji
T. Dari Hasil Nilai Sig yang didapat 0,000 kurang dari nilai sig 0,05 maka dapat
dikatakan ada pengaruh yang signifikan metode daring terhadap minat mahasiswa
pada mata kuliah teknologi busana.
Kata Kunci: Minat, Mata Kuliah, metode daring, Analisis Regresi Linier
Sederhana
ABSTRACT
Ivenna Ayudithya Rara Kusumaningrum,2023, Minat Mahasiswa Tata busana
Angkatan 2019 Pada Mata Kuliah Teknologi Busana Dengan Metode Daring Di
Universitas PGRI Adibuana Suarabaya, Skripsi, Program Studi: PVKK- Tata
Busana Teknik Universitas PGRI Adibuana Surabaya, Dosen pembimbing: Agus
Ridwan Misbahhuddin S.Pd MP.d
The purpose of this research is to describe students' interest in fashion
technology courses using online methods. Online learning sometimes has obstacles
that often occur from teachers and lecturers, thus hampering and reducing student
interest in the material presented. One example in the fashion technology course
that occurred at the PGRI Adibuana Surabaya university students majoring in
PVKK education - fashion design Based on monitoring, this course is considered a
fairly scary course because the material is difficult to understand through online
methods and students are required to practice in every material implemented.
In this study, researchers used descriptive quantitative research with a simple
linear regression analysis method to determine the influence of independent
variables on dependent variables. In this study, the dependent variable is student
interest, while the independent variable is the online method. In collecting data
researchers using questionnaires, from the results of questionnaire data collection
researchers use SPSS 25 to test validity, reliability and classical assumption tests.
From the results of SPSS 25 on the T test, there is a T-count value of 6.476 greater
than the table T of 1.711 so it can be assumed that online methods affect student
interest in fashion technology courses.
In the results of the t test, it can be said that there is an influence if the calculated
T value is greater than the T table, it can also be seen by looking at the significance
value of the T test results.
Keywords: Interests, Courses, online methods, Simple Linear Regression
Analysis
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LA History of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan Vokasional Kesejahteraan Keluarga |
Depositing User: | Mrs Ivenna Ayudithya Rara Kusumaningrum |
Date Deposited: | 02 Jul 2024 04:16 |
Last Modified: | 02 Jul 2024 04:16 |
URI: | https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/5413 |