PENILAIAN KEPUASAN MUTU PELAYANAN POLIKLINIK BERBASIS KUALITAS, FASILITAS, DAN HARGA DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH KABUPATEN KEDIRI

Paramitha, Diah Ayu (2023) PENILAIAN KEPUASAN MUTU PELAYANAN POLIKLINIK BERBASIS KUALITAS, FASILITAS, DAN HARGA DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH KABUPATEN KEDIRI. Skripsi thesis, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya.

[thumbnail of 1. HALAMAN DEPAN-2.pdf] Text
1. HALAMAN DEPAN-2.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of 2. ABSTRAK.pdf] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (196kB)
[thumbnail of 3. BAB I.pdf] Text
3. BAB I.pdf

Download (410kB)
[thumbnail of 4. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
4. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (191kB)
[thumbnail of 5. LAMPIRAN.pdf] Text
5. LAMPIRAN.pdf

Download (972kB)

Abstract

Kepuasan pasien menjadi tolak ukur yang digunakan untuk meningkatkan
mutu pelayanan dan menjadi alasan utama bagi Rumah Sakit dalam melakukan
perbaikan. Terdapat lima dimensi mutu pelayanan yang meliputi; daya tanggap
(respomsiveness), kehandalan (reliability), jaminan (assurance), empati (emphaty),
dan bukti fisik (tangible).
Tujuan penlitian ini adalah umtuk mengetahui pengaruh tingkat kepuasan
pasien terhadap pelayanan poliklinik di Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten
Kediri berbasis Kualitas, Fasilitas, dan Harga Pelayanan Kesehatan. Metode
penelitian ini adalah penelitian survei dengan menggunakan metode penelitian
kuantitatif. Menggunakan jenis penelitian survei karena dalam pengumpulan data,
peneliti menghimpun informasi dari para responden menggunakan kuisioner
sebagai metode pokok.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa, kualitas pelayanan mempunyai nilai
pengaruh terhadap mutu pelayanana sebesar 0,952 , Fasilitas sebesar 0,874 dan
Harga sebesar 0,832 mempunyai hubungan positif dan signifikan. Dengan demikian
dapat disimpulkan bahwa Kualitas, Fasilitas, dan Harga berpengaruh terhadap mutu
pelayanan kesehatan.

Patient satisfaction is a benchmark used to improve service quality and is
the main reason for hospitals to make improvements. There are five dimensions of
service quality which include; responsiveness, reliability, assurance, empathy, and
tangibles.
The purpose of this study was to determine the effect of patient satisfaction
on polyclinic services at the Regional General Hospital of Kediri Regency based
on quality, facilities, and price of health services. This research method is survey
research using quantitative research methods. Using this type of survey research
because in collecting data, researchers collect information from respondents using
questionnaires as the main method.
The results of this study indicate that service quality has an influence value
on service quality of 0.952, facilities of 0.874 and prices of 0.832 have a positive
and significant relationship. Thus it can be concluded that Quality, Facilities, and
Prices affect the quality of health services.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Teknik Industri (TI)
Depositing User: Tn Endar Wahyu Oktoda
Date Deposited: 01 Jul 2024 08:16
Last Modified: 01 Jul 2024 08:16
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/5489

Actions (login required)

View Item
View Item