PENINGKATAN KEMAMPUAN BERBICARA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA MATERI TEKS EKSPLANASI MELALUI METODE DISKUSI KELOMPOK PADA SISWA KELAS XI DI SMA AL-ISLAM KRIAN

MAGFIROH, NOVIYA LAILA (2023) PENINGKATAN KEMAMPUAN BERBICARA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA MATERI TEKS EKSPLANASI MELALUI METODE DISKUSI KELOMPOK PADA SISWA KELAS XI DI SMA AL-ISLAM KRIAN. Skripsi thesis, UNIVERSITAS PGRI ADI BUANA SURABAYA.

[thumbnail of 1. HALAMAN DEPAN.pdf] Text
1. HALAMAN DEPAN.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of 2. ABSTRAK.pdf] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (186kB)
[thumbnail of 3. BAB I.pdf] Text
3. BAB I.pdf

Download (300kB)
[thumbnail of 4. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
4. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (187kB)
[thumbnail of 5. LAMPIRAN.pdf] Text
5. LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan
kemampuan berbicara dalam pembelajaran Bahasa Indonesia materi teks eksplanasi melalui diskusi kelompok dan hasil keterampilan menulis teks eksplanasi. Penelitian ini menarik untuk diteliti karena terdapat peserta didik yang masih kurang aktif dalam berpendapat saat pembelajaran, maka dari itu peneliti tertarik untuk meneliti kemampuan dalam keterampilan berbicara. Dilakukan pada peserta didik kelas XI di SMA Al-Islam Krian setelah pembelajaran menggunakan metode diskusi kelompok menggunakan model pembelajaran PjBL dalam tindakan kelas yang terdiri dari empat komponen, yaitu rancangan tindakan, pelaksanaan, observasi dan refleksi melalui dua siklus. Subjek dari penelitian ini adalah peserta didik kelas XI MIPA 3 di SMA Al-Islam Krian. Pembelajaran yang menggunakan metode diskusi kelompok dapat meningkatkan minat peserta didik, berdasarkan hasil observasi prasiklus terlihat siswa kurang begitu aktif saat pembelajaran. Penelitian ini dilaksanakan menggunakan 2 (dua) siklus. Pada siklus 1 memiliki angka 71% terkait aktivitas peserta didik atau hanya 102 aktivitas yang
terlaksana. Terlihat saat unjuk kerja peserta didik memperoleh70% dan 6 peserta didik yang belum mencukupi KKM. pada tahap siklus 2 jumlah peserta didik aktif menjadi 90% atau 18 peserta didik yang sudah aktif saat pembelajaran. Nilai tersebut sudah mencapai KKM yang ditetapkan di sekolah yaitu 82. Pada siklus 2 (dua) di aktivitas peserta didik mencapai 95% dan unjuk kerja memperoleh 90%.
Kata Kunci: keterampilan berbicara, PjBL, teks eksplanasi

ABSTRACT
This study aims to describe the improvement of speaking
skills in learning Indonesian language material on explanatory text through group discussions and the results of skills in writing explanatory text. This research is interesting to study because there are students who are still less active in arguing during learning, therefore researchers are interested in examining the ability in
speaking skills. Conducted on grade XI students at Al-Islam Krian High School after learning using the group discussion method using the PjBL learning model in classroom action consisting of four components, namely action design, implementation, observation and reflection through two cycles. The subjects of this study were students of class XI MIPA 3 at SMA Al-Islam Krian. Learning that uses the group discussion method can increase the interest of students, based on the results of pre-cycle observations, students are
less active during learning. This research was conducted using 2 (two) cycles. In cycle 1, it has 71% related to learner activity or only 102 activities are carried out. It can be seen when the performance of students obtained 70% and 6 students who did not meet the KKM. At the cycle 2 stage the number of active students became 90% or 18 students who were active during learning. This value has reached the KKM set at school which is 82. In cycle 2 (two) in the activity of students reached 95% and the performance obtained 90%.
Keywords: speaking skill, PjBL, explanatory text

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LA History of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Fakultas Keguruan (FGr) > Pendidikan Bahasa Indonesia (PBI) S1
Depositing User: mrs noviya Laila
Date Deposited: 08 Aug 2024 05:22
Last Modified: 08 Aug 2024 05:22
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/5757

Actions (login required)

View Item
View Item