PENGARUH PELAKSANAAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA SMA NEGERI 1 DRIYOREJO

AZIZATUN NISAK, FITRIA (2023) PENGARUH PELAKSANAAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA SMA NEGERI 1 DRIYOREJO. Skripsi thesis, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya.

[thumbnail of 1. HALAMAN DEPAN (8).pdf] Text
1. HALAMAN DEPAN (8).pdf

Download (395kB)
[thumbnail of 2. ABSTRAK.pdf] Text
2. ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (156kB)
[thumbnail of 3. BAB 1.pdf] Text
3. BAB 1.pdf - Published Version

Download (272kB)
[thumbnail of 8. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (87kB)
[thumbnail of 9. Lampiran.pdf] Text
9. Lampiran.pdf - Published Version

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini berlatar belakang rendahnya hasil belajar matematika siswa di SMA Negeri 1 Driyorejo. Ada banyak cara untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa. salah satu cara yang bisa digunakan adalah dengan menggunakan model pembelajaran discovery learning. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah model pembelajaran discovery learning berpengaruh terhadap hasil belajar matematika siswa kelas X SMA Negeri 1 Driyorejo?”. Memiliki tujuan untuk mengetahui pengaruh discovery learning terhadap hasil belajar matematika siswa kelas X SMA Negeri 1 Driyorejo.
Design penelitian yang digunakan adalah kuantitatif jenis True Experimental, sedangkan bentuk penelitiannya menggunkan posttes only control. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Driyorejo. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas X-9 dan X-10. Teknik pemilihan sampel yang digunakan adalah menggunakan teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini berupa soal tes.Analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah uji normalitas, homogenitas dan uji hipotesis atau uji-t.
Berdasarkan analisis data yang diperoleh bahwa sampel yang digunakan berdistribusi normal dan berhomogen. Pada analisis data menggunakan uji-t diperoleh thitung = 12,216 dengan tarap signifikan 0,05. Hal tersebut menunjukkan thitung lebih besar dari ttabel, maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran discovery learning terhadap hasil belajar siswa di SMA Negeri 1 Driyorejo.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Discovery Learning, Hasil Belajar Matematika Siswa
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LA History of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan (FGr) > Pendidikan Matematika S1
Depositing User: Ms Fitria Azizatun Nisak
Date Deposited: 17 Jul 2024 04:22
Last Modified: 17 Jul 2024 04:22
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/5775

Actions (login required)

View Item
View Item