PENGARUH PENERAPAN METODE DEMONSTRASI DAN MEDIA VIDEO TERHADAP HASIL BELAJAR RIASAN SEHARI HARI SISWA KELAS 10 KECANTIKAN SMK DHARMA WANITA GRESIK

SOLIKHA, FADELLA MAULIDATUS (2023) PENGARUH PENERAPAN METODE DEMONSTRASI DAN MEDIA VIDEO TERHADAP HASIL BELAJAR RIASAN SEHARI HARI SISWA KELAS 10 KECANTIKAN SMK DHARMA WANITA GRESIK. Skripsi thesis, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya.

[thumbnail of HALAMAN DEPAN.pdf] Text
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (912kB)
[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

Download (38kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (19kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (125kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Abstrak

Fadella.2022 Pengaruh penerapan metode demonstrasi dan media video terhadap hasil belajar riasan sehari-hari siswa kelas 10 kecantikan SMK Dharma Wanita Gresik. Skripsi. Program studi PVKK-Tata Rias. Fakultas anita. Universitas PGRI Adi buana Surabaya. Pembimbing Dr.Susilowati, M.Pd

Metode pembelajaran adalah suatu hal yang Melekat pada dunia pendidikan. Seorang pengajar wajib mampu mengetahui bagaimana cara mengolah kelas dengan baik. Cara mengolah kelas dengan baik dapat dilakukan dengan cara menggunakan metode pembelajaran dan media pembelajaran yang menyenangkan bagi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk 1) mendeskripsikan metode pembelajaran demonstrasi berpengaruh pada hasil belajar riasan sehari-hari siswa kelas 10 kecantikan SMK Dharma wanita. 2) Mengetahui bahwa media video berpengaruh dalam hasil belajar siswa pada materi riasan sehari-hari 3) Mendeskripsikan pengaruh penerapan metode demonstrasi dan penayangan video terhadap hasil belajar riasan sehari-hari siswa kelas 10 kecantikan SMK Dharma wanita

Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif dengan melibatkan Panelis dalam pengambilan data.Subjek penelitian adalah siswa kelas x di SMK Dharma Wanita Gresik yang berjumlah 12 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan digunakan melalui teknik pemberian tes dan dokumentasi, sedangkan teknik analisis data yang digunakan uji statistik T, merupakan proses analisis data secara parsial. Uji T ini nantinya akan menunjukkan berapa banyak pengaruh variabel independen secara parsial, terhadap variabel dependen.

Penelitian ini menghasilkan bahwa penerapan metode demonstrasi dan media penayangan video berpengaruh terhadap hasil belajar riasan sehari hari siswa kelas X SMK Dharma Wanita karena penggunaan metode demonstrasi dan media video efektif dapat memberikan contoh secara langsung kepada siswa. Sehingga membuat siswa lebih memahami materi yang diajarkan.

Kata Kunci : Metode Pembelajaran, Metode Demonstrasi, Media Video,Riasan Sehari hari

Abstact

Fadella.2022 The effect of applying the demonstration method and video media to the results of learning the daily make-up of class 10 beauty students at SMK Dharma Wanita Gresik. Essay. PVKK-Cosmetology Study Program. Faculty of Engineering. PGRI Adi Buana University, Surabaya. Advisor Dr. Susilowati, M.Pd

The learning method is something that is inherent in the world of education. A teacher must be able to know how to manage the class well. How to manage class properly can be done by using learning methods and learning media that are fun for students. This study aims to 1) describe the demonstration learning method has an effect on the learning outcomes of everyday makeup for 10th grade beauty students at Dharma Wanita Vocational School. 2) Knowing that video media has an effect on student learning outcomes on daily makeup material 3) Describe the effect of applying the demonstration method and showing videos on learning outcomes of everyday makeup class 10 beauty students at Dharma Wanita Vocational School

This research was conducted using a descriptive quantitative approach involving panelists in data collection. The research subjects were class X students at SMK Dharma Wanita Gresik, totaling 12 students. The data collection technique used was through testing and documentation techniques, while the data analysis technique used was the statistical T test, which is a partial data analysis process. This T-test will later show how much influence the independent variables partially have on the dependent variable

In this study it resulted that the application of the demonstration method and video viewing media had an effect on the daily makeup learning outcomes of class X students of Dharma Wanita Vocational School because the use of demonstration methods and video media was effective in being able to provide examples directly to students, Thus making students better understand the material being taught.

Keywords: Learning Methods, Demonstration Methods, Video Media, Everyday Makeup

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LA History of education
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan Vokasional Kesejahteraan Keluarga
Depositing User: mrs Fadella Maulidatus Solikha
Date Deposited: 02 Jul 2024 07:20
Last Modified: 02 Jul 2024 07:20
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/5787

Actions (login required)

View Item
View Item