PENGUASAAN KALIMAT BAHASA INDONESIA PADA ANAK USIA 3 DAN 5 TAHUN

Vianti, Alif Shafa (2023) PENGUASAAN KALIMAT BAHASA INDONESIA PADA ANAK USIA 3 DAN 5 TAHUN. Skripsi thesis, UNIVERSITAS PGRI ADI BUANA SURABAYA.

[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (99kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (129kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (56kB)
[thumbnail of 9. LAMPIRAN (3).pdf] Text
9. LAMPIRAN (3).pdf

Download (672kB)
[thumbnail of 1. HALAMAN DEPAN (7).pdf] Text
1. HALAMAN DEPAN (7).pdf

Download (415kB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang penguasaan kalimat bahasa Indonesia pada anak usia 3 dan 5 tahun. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan tentang penguasaan anak dalam kalimat deklaratif, kalimat interogatif, kalimat imperatif, dan kalimat intejektif. Subjek peneliti yakni Adinda Zakiya Ramadhina (AZ) anak dari bapak Taufik dan ibu Dita, usia 3 tahun tinggal di desa Tawangsari Rt.03 Rw.01 kecamatan Sepanjang Taman kabupaten Sidoarjo dan Adawiyah Fahma Mutsaqqof Aninputri (AF) anak dari ibu Indahniyati dan bapak Moh. Harianto, usia 5 tahun tinggal di desa Ceweng kecamatan Diwek kabupaten Jombang .
Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, karena penelitian ini berisi gambaran mengenai penguasaan kalimat anak. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode simak, libat, dan metode cakap. Metode pertama yang digunakan oleh peneliti adalah metode simak. Adapun teknik yang digunakan dalam rangka melaksanakan metode simak itu adalah teknik catat dan teknik rekam. Dari catatan dan/atau rekaman pertuturan itulah data diperoleh sebagai bahan jadi penelitian perkembangan kalimat anak.
Kemampuan penguasaan kalimat berdasarkan modusnya usia 3 tahun dan usia 5 tahun. Subjek usia 3 dan 5 tahun mampu menghasilkan kalimat deklaratif, interogatif, imperatif dan interjektif. Proses sintaksis yang di alami anak menunjukkan adanya kesesuaian dengan perkembangan kalimat tipikal yang di alami oleh anak-anak lain seusiannya pada umumnya. subjek berusia 3 tahun mendapatkan bahasa pertamanya dengan baik, dan lingkungansekitarnya juga mendukung. Lain halnya dengan subjek yang berusia 5tahun yang disaat mendapatkan bahasa pertama dan belajar menyesuaikannya, subjek diharuskan berpindah tempat tinggal. Dari tempat tinggal pertama subjek mendapatkan dukungan dari lingkungan sekitar untuk mengembangkan bahasa pertamanya yang diperoleh, sedangkan di tempat barunya bahasa sudah berbeda dengan lingkungan sekitarnya.
Lingkungan sekitar memang mempunyai pengaruh besar terhadap pemerolehan dan perkembangan bahasa anak. Selain itu subjek sudah mampu berbahasa dengan baik, meskipun terkadang masih terbolak –balik dalam merangkai kalimatnya. Hal ini wajar karena anak masih dalam tahap perembangan dan penyesuaian dengan bahasa yang terdapat di lingkungan sekitar.

Kata Kunci :Kalimat, Penguasaan kalimat anak

This study discusses the mastery of Indonesian sentences in children aged 3 and 5 years. The purpose of this research is to describe children's mastery in declarative sentences, interrogative sentences, imperative sentences, and intellective sentences. The research subjects were Adinda Zakiya Ramadhina (AZ), the child of Mr. Taufik and Mrs. Dita, aged 3, living in the village of Tawangsari Rt.03 Rw.01, Sepanjang Park, Sidoarjo district and Adawiyah Fahma Mutsaqqof Aninputri (AF), the child of Mrs. Indahniyati and Mr. Moh . Harianto, 5 years old, lives in Ceweng village, Diwek sub-district, Jombang district.
This type of research is descriptive qualitative, because this research contains an overview of children's sentence mastery. The data collection methods used in this study are the observing, engaging, and speaking methods. The first method used by researchers is the listening method. The techniques used in carrying out the listening method are note-taking techniques and recording techniques. It is from the notes and/or speech recordings that the data is obtained as material for research on the development of children's sentences.
The ability to master sentences based on the mode is 3 years old and 5 years old. Subjects aged 3 and 5 years were able to produce declarative, interrogative, imperative and interjective sentences. The syntactic process experienced by children shows compatibility with the development of typical sentences experienced by other children of their age in general. 3 year old subjects get their first language well, and the surrounding environment is also supportive. It is different with subjects who are 5 years old when they get their first language and learn to adjust to it, they are required to change their place of residence. From the first place of residence, the subject gets support from the surrounding environment to develop his first language, while in his new place the language is already different from the surrounding environment.
The surrounding environment does have a big influence on the acquisition and development of children's language. In addition, the subject is able to speak well, although sometimes he still goes back and forth in composing his sentences. This is natural because the child is still in the stage of development and adjustment to the language found in the surrounding environment.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LA History of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
P Language and Literature > PA Classical philology
P Language and Literature > PN Literature (General) > PN0441 Literary History
Divisions: Fakultas Keguruan (FGr)
Depositing User: Alif Shafa Vianti
Date Deposited: 31 Jul 2024 04:41
Last Modified: 31 Jul 2024 04:41
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/5817

Actions (login required)

View Item
View Item